Tuesday, December 17, 2013

LAPORAN PENDAHULUAN KELUARGA DENGAN ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN)

Laporan Pendahuluan Keluarga Dengan Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun)
KELUARGA DENGAN ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN)

KELUARGA

         A.    DEFINISI
Pengertian keluarga akan berbeda-beda. Hal ini bergantung pada orientasi yang digunakan dan orang yang mendefinisikannya. Marilyn M. Friedman (1998) mendefinisikan bahwa keluarga adalah dua orang atau lebih yang disatukan oleh ikatan-ikatan kebersamaan dan ikatan emosional dan yang mengidentifikasikan diri mereka sebagai bagian dari keluarga. Menurut UU No. 10 1992, keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari suami-isteri, atau suami-isteri dan anaknya, atau ayah dan anaknya, atau ibu dan anaknya. Definisi lain keluarga adalah dua orang atau lebih yang dibentuk berdasarkan ikatan perkawinan yang sah, mampu memenuhi kebutuhan hidup spiritual dan materil yang layak, bertaqwa kepada Tuhan, memiliki hubungan yang selaras dan seimbang antara anggota keluarga dan masyarakat serta lingkungannya (BKKBN 1999, cit Setyowati 2008).

           B.     CIRI-CIRI KELUARGA
1.      Diikat tali perkawinan
2.      Ada hubungan darah
3.      Ada ikatan batin
4.      Tanggung jawab masing –masing
5.      Ada pengambil keputusan
6.      Kerjasama
7.      Interaksi
8.      Tinggal dalam suatu rumah

C.    STRUKTUR KELUARGA
1.      Struktur peran keluarga, formal dan informal
2.      Nilai/ norma keluarga, norma yg diyakini oleh keluarga. Berhubungan dengan kesehatan
3.      Pola komunikasi keluarga, bagaimana komunikasi orangtua anak, ayah ibu, & anggota lain
4.      Struktur kekuatan Keluarga, kemampuan Mempengaruhi dan mengendalikan orang lain untuk kesehatan

           Ciri - Ciri Struktur Keluarga
Menurut Anderson Carter , dikutip Nasrul Effendy (1998), dibagi menjadi 3 yaitu:
1.      Terorganisasi: Saling berhubungan, saling ketergantungan antara anggota keluarga.
2.      Ada Keterbatasan: Setiap anggota memiliki kebebasan tetapi mereka juga mempunyai keterbatasan dalam menjalankan fungsi dan tugasnya masing -masing.
3.      Ada perbedaan dan kekhususan: Setiap anggota keluarga mempunyai peranan dan fungsinya masing - masing.

Struktur Keluarga (Ikatan Darah) :
1.      Patrilineal, keluarga sedarah terdiri sanak saudara sedarah dalam beberapa generasi, dimana hubungan Itu berasal dari jalur ayah
2.      Matrilineal, keluarga sedarah terdiri sanak saudara sedarah dalam beberapa generasi, dimana hubungan Itu berasal dari jalur ibu
3.      Matrilokal, suami istri tinggal pada keluarga sedarah istri
4.      Patrilokal, suami istri tinggal pada keluarga sedarah suami
5.      Keluarga kawinan, hubungan Suami istri sebagai dasar bagi pembinaan keluarga dan sanak saudara baik dari pihak suami dan istri

Pemegang Kekuasaan
1.      Patriakal, dominan dipihak ayah
2.      Matriakal, dominan di pihak ibu
3.      Equalitarian, ayah dan ibu

            D.    PERAN KELUARGA
Berbagai peranan yang terdapat didalam keluarga menurut Nasrul Effendy (1998), adalah sebagai berikut :
1.      Peran ayah: Ayah sebagai suami dari istri dan anak – anak, berperan sebagai pencari nafkah,pendidik, pelindung, dan pemberi rasa aman, sebagai kepala keluarga, sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya.
2.      Peran ibu: Sebagai istri dan ibu dari anak – anaknya. Ibu mempunyai peranan untuk mengurus rumah tangga sebagai pengasuh dan pendidik anak – anaknya, pelindung dan sebagai salah satu kelompok dari peranan sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya, disamping itu juga ibu dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam keluarganya.
3.      Peran anak: Anak – anak melaksanakan peranan psikososial sesuai dengan tingkat perkembangannya baik fisik, mental, sosial dan spiritual.

            E.     TIPE KELUARGA
Secara tradisional keluarga dikelompokan menjadi dua, yaitu: (Suprajitno, 2004)
1.      Keluarga inti (nuclear family) adalah keluarga yang hanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak yang diperoleh dari keturunannya atau adopsi atau keduanya.
2.      Keluarga besar (extended family) adalah keluarga inti ditambah anggota keluarga lain yang masih mempunyai hubungan darah (kakek-nenek, paman-bibi).
Namun, dengan berkembangnya peran individu dan meningkatnya rasa individualisme, pengelompokan tipe keluarga selain kedua keluarga di atas berkembang menjadi: (Suprajitno, 2004)
2.      Keluarga bentukan kembali (dyadic family) adalah keluarga baru yang terbentuk dari pasangan yang telah cerai atau kehilangan pasangannya.
3.      Orang tua tunggal (single parent family) adalah keluarga yang terdiri dari salah satu orang tua dengan anak-anak akibat perceraian atau ditinggal pasangannya.
4.      Ibu dengan anak tanpa perkawinan (the unmarried teenage mother).
5.      Orang dewasa (laki-laki atau perempuan) yang tinggal sendiri tanpa pernah menikah (the single adult living alone). Kecendrungan di Indonesia juga meningkat dengan dalih tidak mau direpotkan dengan pasangan atau anaknya kelak jika menikah.
6.      Keluarga dengan anak tanpa pernikahan sebelumnya (the nonmarital heterosexual cohabiting family).
7.      Keluarga yang dibentuk oleh pasangan yang berjenis kelamin sama (guy and lesbian family).
Sedangkan Menurut Nasrul Effendy (1998), tipe keluarga terdiri dari :
1.      Keluarga inti (Nuclear Family)
Adalah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak- anak.
2.      Keluarga besar (Extended Family)
Adalah keluarga inti di tambah sanak saudara, misalnya ; nenek, kakek, keponakan, saudara sepupu, paman, bibi dan sebagainya.
3.      Keluarga berantai (Serial Family)
Adalah keluarga yang terdiri dari pria dan wanita yang menikah lebih dari satu kali dan merupakan suatu keluarga inti.
4.      Keluarga duda atau janda (Single Family)
Adalah keluarga yang terjadi karena perceraian atau kematian.
5.      Keluarga berkomposisi (Compocite)
Adalah keluarga yang berpoligami yang hidup bersama.
6.      Keluarga kabitas (Cahabitation)
Adalah keluarga yang terdiri dari dua orang menjadi satu tanpa pernikahan tetapi membentuk satu keluarga.

            F.     FUNGSI KELUARGA
Friedman (1998) mengidentifikasi lima fungsi dasar keluarga, sebagai berikut:
1.      Fungsi afektif (the affective function) adalah fungsi keluarga yang utama untuk mengajarkan segala sesuatu untuk mempersiapkan anggota keluarga berhubungan dengan orang lain. Fungsi ini dibutuhkan untuk perkembangan individu dan psikososial anggota keluarga.
2.      Fungsi sosialisasi dan tempat bersosialisasi (socialization and social placement function) adalah fungsi mengembangkan dan tempat melatih anak untuk berkehidupan sosial sebelum meninggalkan rumah untuk berhubungan dengan orang lain di luar rumah.
3.      Fungsi reproduksi (the reproductive function) adalah fungsi untuk mempertahankan generasi dan menjaga kelangsungan keluarga.
4.      Fungsi ekonomi (the economic function), yaitu keluarga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan keluarga secara ekonomi dan tempat untuk mengembangkan kemampuan individu meningkatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
5.      Fungsi perawatan/ pemeliharaan kesehatan (the health care function). Keluarga juga berperan atau berfungsi untuk melaksanakan praktek asuhan kesehatan, yaitu untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan dan atau merawat anggota keluarga yang sakit. Kemampuan keluarga dalam memberikan asuhan kesehatan mempengaruhi status kesehatan keluarga. Kesanggupan keluarga melaksanakan pemeliharaan kesehatan dapat dilihat dari tugas kesehatan keluarga yang dilaksanakan. Keluarga yang dapat melaksanakan tugas kesehatan berarti sanggup menyelesaikan masalah kesehatan (Setyowati, 2008).

            G.    TUGAS KELUARGA DI BIDANG KESEHATAN
Sesuai dengan fungsi pemeliharaan kesehatan, keluarga mempunyai tugas di bidang kesehatan yang perlu dipahami dan dilakukan, meliputi: (Suprajitno, 2004)
1.      Mengenal masalah kesehatan keluarga
Kesehatan merupakan kebutuhan keluarga yang tidak boleh diabaikan karena tanpa kesehatan segala sesuatu tidak akan berarti dan karena kesehatanlah kadang seluruh kekuatan sumber daya dan dana keluarga habis. Orang tua perlu mengenal keadaan kesehatan dan perubahan-perubahan yang dialami anggota keluarga. Perubahan sekecil apapun yang dialami anggota keluarga secara tidak langsung menjadi perhatian orang tua/ keluarga.
2.      Memutuskan tindakan kesehatan yang tepat bagi keluarga
Tugas ini merupakan upaya keluarga yang utama untuk mencari pertolongan yang tepat sesuai dengan keadaan keluarga, dengan pertimbangan siapa di antara anggota keluarga yang mempunyai kemampuan memutuskan untuk menentukan tindakan keluarga. Tindakan kesehatan yang dilakukan oleh keluarga diharapkan tepat agar masalah kesehatan dapat dikurangi bahkan teratasi. Dalam hal ini termasuk mengambil keputusan untuk mengobati sendiri.
3.      Merawat anggota keluarga yang mengalami gangguan kesehatan
sering kali keluarga telah mengambil tindakan yang tepat dan benar. Tetapi keluarga mempunyai keterbatasan yang telah diketahui oleh keluarga sendiri. Jika demikian, anggota keluarga yang mengalami gangguan kesehatan perlu memperoleh tindakan lanjutan atau perawatan agar masalah yang lebih parah tidak terjadi. Perawatan dapat dilakukan di institusi pelayanan kesehatan atau di rumah apabila keluarga telah memiliki kemampuan melakukan tindakan untuk pertolongan pertama.
4.      Memodifikasi lingkungan keluarga untuk menjamin kesehatan keluarga.
5.      Memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan di sekitarnya bagi keluarga.

H.    TUGAS PERKEMBANGAN SESUAI DENGAN TAHAP PERKEMBANGAN (DUVAL)
(SOCIOLOGICAL PERSPECTIVE)
1.      Keluarga baru menikah
    • membina hubungan Intim
    • bina hubungan dengan keluarga lain: teman dan kelompok sosial
    • mendiskusikan rencana punya anak
2.      Keluarga. Dengan anak baru lahir
§  persiapan menjadi orang tua
§  adaptasi keluarga baru , interaksi keluarga, hubungan Seksual
3.      Keluarga dengan anak usia pra sekolah
§  memenuhi kebutuhan Anggota keluarga : rumah, rasa aman
§  membantu anak untuk bersosialisasi
§  mempertahankan hubungan yg sehat keluarga intern dan luar
§  pembagian tanggung jawab
§  kegiatan untuk stimulasi perkembangan Anak
4.      Keluarga dengan anak usia sekolah
§  membantu sosialisasi anak dengan lingkungan luar
§  mempertahankan keintiman pasangan
§  memenuhi kebutuhan yang meningkat
5.      Keluarga dengan anak remaja
§  memberikan kebebasan seimbang dan bertanggug jawab
§  mempertahankan hubungan Intim dengan keluarga
§  komunikasi terbuka : hindari, debat, permusuhan
§  persiapan perub. Sistem peran
6.      Keluarga mulai melepas anak sebagai dewasa
§  perluas jar. Keluarga dari keluarga inti ke extended
§  pertahnakan keintiman pasanagan
§  mabantu anak untuk mandiri sbg keluarga baru
§  penataan kembali peran orang tua
7.      Keluarga usia pertengahan
§  pertahankan keseh. Individu dan pasangan usia pertengahan
§  hubungan Serasi dan memuaskan dengan anak- anaknya dan sebaya
§  meningkatkan keakraban pasangan
8.      Keluarga usia tua
§  pertahankan suasana saling menyenangkan
§  adapatasi perubahan : kehil.pasangan,kek. Fisik,penghasilan
§  pertahankan keakraban pasangan
§  melakukan life review masa lalu
Laporan Pendahuluan Keluarga Dengan Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun)

I.       KELOMPOK KELUARGA DI INDONESIA BERDASARKAN SOSIAL EKONOMI DAN KEBUTUHAN DASAR
1.      Prasejatera
belum dapat memenuhi kebutuhan dasar minimal: pengajaran agama, sandang, papan, pangan, kesehatan atau keluarga belum dapat memenuhi salah satu / lebih indikator KS tahap I.
2.      Keluarga Sejahtera I (KS I)
Telah dapat memenuhi kebutuhan dasar secara minimal, tetapi belum dapat sosial psikologis, pendidikan, KB, interaksi lingkungan.
Indikator : ibadah sesuai agama, makan 2 kali sehari, pakaian berbeda tiap keperluan, lantai bukan tanah, kesehatan : anak sakit, ber-KB, dibawa kesarana kesehatan
3.      Keluarga Sejahtera II (KS II)
Indikator : belum dapat menabung, ibadah (anggota keluarga ) sesuai agama, makan 2 kali sehari, pakaian berbeda, lantai bukan tanah, kesehatan (idem), daging/ telur minimal 1 kali seminggu, Pakaian baru setahun sekali, Luas lantai 8m2 per orang, Sehat 3 bulan terakhir, Anggota yang berumur 15 tahun keatas punya penghasilan tetap, Umur 10, 60 tahun dapat baca tulis, Umur 7-15 tahun bersekolah, Anak hidup 2/lebih, keluarga PUS saat ini berkontrasepsi.
4.      Keluarga Sejahtera III (KS III)
Indikator : belum berkontribusi pada masyarakat, ibadah sesuai agama,
pakaian berbeda tiap keperluan, lantai bukan tanah, kesehatan idem, anggota melaksanakan ibadah, daging / telur seminggu sekali, memperoleh pakaian baru dalam satu tahun terakhir, luas lantai 8 m2 perorang, anggota keluarga sehat dalam 3 bulan terakhir, keluarga berumur 15 th punya penghasilan tetap, baca tulis latin 10 –60 th, usia 7-15 bersekolah, anak hidup 2/ lebih, pus saat ini ber kb, upaya meningk agama, keluarga punya tabungan, makan bersama sehari sekali, ikut keg. Masyarakat, rekreasi 6 bl sekali, informasi dari mass media, menggunakan transportasi,
5.      Keluarga Sejahtera Tahap III Plus
dapat memenuhi seluruh kebutuhannya: dasar, sosial, pengembangan, kontribusi pada masyarakat, indikator KS III + (ditambah), memberikan sumbangan.
Indicator Gakin :
Tak bisa makan 2 kali sehari atau lebih, Tdk daging/ikan /telur / minggu sekali, Tdk pakaian beda tiap aktifitas, Tdk pakain baru, satu stel /tahun, Lantai mayoritas tanah, Lantai kurang dari 8 meter persegi untuk setiap penghuni, Tdk ada anggota umur 15 tahun berpenghasilan tetap, Anak sakit/pus ingin kb tak mampu ke yankes, Anak 7-15 tahun tak berekolah

J.      KELUARGA SEBAGAI SISTEM
keluarga merupakan sistem sosial yg terdiri kumpulan 2 /lebih yg punya peran sosial yg berbeda dengan ciri saling berhubungan Dan tergantung antar individu
Alasan Keluarga Sbg Sistem
1.      Keluarga punya subsistem : anggota, fungsi, peran aturan , budaya
2.      Saling berhub dan ketergantungan
3.      Unit terkecil dari masy. Sbg suprasistem
Komponen Sistem Keluarga
1.      Input, anggota keluarga, struktur, fungsi, aturan, ling, budaya, agama
2.      Proses, proses pelaksanaan fungsi keluarga
3.      Out put, hasil berupa perilaku : sosial, agama, kesh,
4.      Feedback, pengontrol perilaku keluarga
Karakteristik Keluarga Sebagai Sistem
1.      Sistem terbuka, sistem yg punya kesempatan dan mau menerima / memperhatikan lingk. Sekitar
2.      Sistem tertutup, kurang punya kesempatan, kurang mau menerima /memberi perhatian pada lingk. Sekitar

K.    STANDAR PRAKTIK KELUARGA PPNI
1.      Standar praktik profesional
§  stndar i : pengkajian
§  standar ii : diagnosis
§  standar iii : perencanaan
§  standar iv : pelaks. Tind.
§  standar v : evaluasi
2.      Standar kinerja profesional
§  Standar i : jaminan mutu
§  Standar ii : pendidikan
§  Standar iii : penilaian prestasi
§  Standar iv : kesejawatan
§  Standar v : etik   
§  Standar vi : kolaborasi
§  Standar vii ; riset
§  Standar ix : pemnafaatan sumber

L.     MASALAH KEPERAWATAN KESEHATAN KELUARGA
1.      Bahaya fisik
§  Penyakit
§  Kegemukan
§  Kecelakaan
§  Kecanggungan
§  Kesederhanaan
2.      Bahaya Psikologis
§  Bahaya dalam konsep diri
§  Bahaya moral
§  Bahaya yang menyangkut minat
§  Bahaya dalam penggolongan peran seks
§  Bahaya dalam perkembangan kepribadian
§  Bahaya hubungan keluarga

M.   TAHAP IV : KELUARGA DENGAN ANAK SEKOLAH FAMILY WITH SCHOOL CHILDREN ( OLDEST CHILD 6 - 13  YEARS )
1.      Keluarga mencapai jumlah anggota yang maksimal, keluarga sangat sibuk
2.      Aktivitas sekolah, anak punya aktivitas masing-masing
3.      Orang tua berjuang dengan tuntutan ganda : perkembangan anak & dirinya
4.      Orang tua belajar menghadapi/ membiarkan anak pergi ( dengan teman sebayanya )
5.      Orang tua mulai merasakan tekanan yg besar dari komunitas di luar rumah (sistem sekolah)











ANAK USIA SEKOLAH

A.    DEFINISI
Anak usia sekolah merupakan suatu periode yang dimulai saat anak masuk sekolah dasar sekitar usia 6 tahun sampai menunjukan tanda akhir masa kanak-kanak yaitu 12 tahun.
Langkah perkembangan selama anak mengembangkan kompetensi dalam ketrampilan fisik, kognitif, dan psikososial. Selama masa ini anak menjadi lebih baik dalam berbagai hal, misalnya mereka dapat berlari dengan cepat dan lebih jauh sesuai perkembangan kecakapan dan daya tahannya.

B.     KELOMPOK ANAK
           1.      Usia prasekolah           : 2 – 5 tahun
           2.      Usia sekolah                : 6 – 12 tahun
Kelompok teman sebaya mempengaruhi perilaku anak. Perkembangan fisik, kognitif dan sosial meningkat. Anak meningkatkan kemampuan komunikasi.
a.       Anak usia 6-7 tahun :
§  membaca seperti mesin
§  mengulangi tiga angka mengurut ke belakang
§  membaca waktu untuk seperempat jam
§  anak wanita bermain dengan wanita
§  anak laki-laki bermain dengan laki-laki
§  cemas terhadap kegagalan
§  kadang malu atau sedih
§  peningkatan minat pada bidang spiritual
b.      Anak usia 8-9 tahun:
§  kecepatan dan kehalusan aktivitas motorik meningkat
§  menggunakan alat-alat seperti palu
§  peralatan rumah tangga
§  ketrampilan lebih individual
§  ingin terlibat dalam segala sesuatu
§  menyukai kelompok dan mode
§  mencari teman secara aktif
c.       Anak usia 10-12 tahun:
§  pertambahan tinggi badan lambat
§  pertambahan berat badan cepat
§  perubahan tubuh yang berhubungan dengan pubertas mungkin tampak
§  mampu melakukan aktivitas seperti mencuci dan menjemur pakaian sendiri
§  memasak, menggergaji, mengecat
§  menggambar, senang menulis surat atau catatan tertentu
§  membaca untuk kesenangan atau tujuan tertentu
§  teman sebaya dan orang tua penting
§  mulai tertarik dengan lawan jenis
§  sangat tertarik pada bacaan, ilmu pengetahuan
           3.      Usia remaja                 : 13 - 18 tahun

C.    CIRI-CIRI ANAK USIA SEKOLAH
Anak usia sekolah disebut sebagai masa akhir anak-anak sejak usia 6 tahun dengan ciri-ciri sebagai berikut :
            1.      Label yang digunakan oleh orang tua
a.       Usia yang menyulitkan karena anak tidak mau lagi menuruti perintah dan lebih dipengaruhi oleh teman sebaya dari pada orang tua ataupun anggota keluarga lainnya
b.      Usia tidak rapi karena anak cenderung tidak memperdulikan dan ceroboh dalam penampilan
c.       Usia bertengkar karena banyak terjadi pertengkaran antar keluarga dan membuat suasana rumah yang tidak menyenangkan bagi semua anggota keluarga
           2.      Label yang digunakan pendidik/guru
a.       Usia sekolah dasar : anak diharapkan memperoleh dasar-dasar pengetahuan yang dianggap penting untuk keberhasilan penyesuaian diri pada kehidupan dewasa dan mempelajari perbagai ketrampilan penting tertentu baik kurikuler maupu ekstrakurikuler
b.      Periode kritis dalam berprestasi : anak membentuk kebiasaan untuk mencapai sukses, tidak sukses, atau sangat sukses yang cenderung menetap sampai dewasa
            3.      Label yang digunakan oleh ahli psikologi
a.       Usia berkelompok : perhatian utama anak tertuju pada keinginan diterima oleh teman-teman sebaya sebagai anggota kelompok
b.      Usia penyesuaian diri : anak ingin menyesuaikan dengan standar yang disetujui oleh kelompok dalam penampilan, berbicara dan berperilaku
c.       Usia kreatif :suatu masa yang akan menentukan apakah anak akan menjadi konformis (pencipta karya baru) atau tidak
d.      Usia bermain : suatu masa yang mempunyai keinginan bermain yang sangat besar karena adanya minat dan kegiatan untuk bermain

D.    PERKEMBANGAN FISIK
1.      Tinggi dan berat badan
Laju pertumbuhan selama tahun sekolah awal lebih lambat dari pada setelah lahir tetapi, meningkat secara terus menerus. Pada anak tertentu mungkin tidak mengikuti pola secara tepat. Anak usia sekolah lebih langsing dari pada anak usia prasekolah, sebagai akibat perubahan distribusi dan kekebalan lemak (Edelmen dan Mandle, 1994)
Sekolah memberi peluang pada anak untuk membandingkan dirinya dengan kelompok besar anak anak dengan usia yang sama. Pemeriksaan fisik yang biasanya diperlukan selama kelas 1 merupakan kesempatan yang baik perawat untuk mendiskusikan dengan anak dan orang tua tentang pengaruh genetic, nutrisi, dan olah raga terhadap tinggi dan berat badan. Anak laki laki sedikit labih tinggi dan lebih berat dari pada anak perempuan selama tahun pertama sekolah. Kira kira 2 tahun sebelum pubertas. Anak mengalami peningkatan pertumbuhan yang cepat.
2.      Fungsi kardiovaskular
Fungsi kardiovaskular baik dan stabil selama tahun usia sekolah. Denyut jantung rata- rata 70 – 90 denyut/menit, tekanan darah normal 110 / 70 mm Hg dan frekuensi pernafasan stabil 19 – 21, Pertumbuhan paru minimal dan pernafasan menjadi lebih lambat, lebih dalam, dan lebih teratur. Akan tetapi pada akhir periode ini jantung 6 kali ukurannya saat lahir dan umumnya sudah mencapai ukuran dewasa.
3.      Fungsi neuromuscular
Anak usia sekolah menjadi labih lentur karena koordinasi otot besar meningkat dan kekuatannya dua kali lipat. Banyak anak berlatih ketrampilan motorik kasar yaitu berlari, melompat, menyeimbangkan gerak tubuh, dan menangkap selama bermain. Menghasilkan peningkatan ketrampilan neuromuscular. Perbedaan individual dalam kecepatan pencapaian penguasaan ketrampilan dasar mulai terlihat. Perbedaan individual dalam ketrampilan motorik terbentuk dalam partisipasi anak dalam aktivitas yang membutuhkan pergerakan otot yang terkoordinasi dan kemampuan motorik halus.
Ketrampilan motorik halus terlambat tertinggal oleh ketrampilan motorik kasar tetapi berkembang kira- kira dalam kecepatan yang sama, saat kontrol jari dan pergelangan tangan tercapai, anak menjadi pandai melakukan aktivitas. Ketrampilan meningkatkan motorik halus pada anak dalam pertengahan masa kanak – kanak membuat mereka menjadi sangat mandiri dalam merawat kebutuhan personal lain.
Mereka mengembangkan keinginan personal yang kuat dalam proses kebutuhan ini akan terpenuhi. Penyaklit dan hospitalisasi mengancam pengendalian anak dalam area ini. Maka sangat penting mengizinkan mereka untuk berpartisipasi dalam perawatan dan mempertimbangkan kemandirian sebanyak mungkin.
4.      Nutrisi
Periode usia sekolah merupakan salah satu masalah nutrisi secara relative. Jika terjadi defisiensi biasany defisiensi zat besi, vitamin A, atau kalsium. Anak usia sekolah dapat belajar banyak hal tentang piramida makanan dan diet yang seimbang dengan membantu menyiapkan makanan. Perawat harus menganjurkan orang tua untuk menyediakan makanan dalam jumlah yang adekuat bagi anak untuk mendukung pertumbuhan dan aktivitas.

E.     PERKEMBANGAN KOGNITIF
Perubahan kognitif pada anak usia sekolah adalah pada kemampuan untuk berfikir dengan cara yang logis. Pemikiran anak usia sekolah tidak lagi di dominasi oleh persepsinya dan sekaligus kemampuan untuk memahami dunia secara luas. Sekitar 7 tahun, anak memasuki tahap piaget ketiga yaitu perkembangan kognitif, yang di kenal sebagai operasional konkret, ketika merewka mampu mengunakan symbol secara operasional (aktivitas mental) dalam pemikiran bukan kerja Mereka mulai menggunakan proses pemikiran yang logis dengan materi konkret. Periode ini di tandai dengan tiga kemampuan atau kecakapan yaitu mengklasifikasikan, menyusun, dan mengasosiasikan. Pada akhir masa ini anak sudah memiliki kemampuan memecahkan masalah (problem solving) yang sederhana.
1.      Perkembangan bahasa
Bahasa adalah sarana berkomunikasi dengan orang lain. Dalam pengertian ini tercakup semua semua cara untuk berkomunikasi, dimana pikiran dan perasaan di nyatakan dalam bentuk tulisan, lisan, isyarat, atau gerak dengan menggunakan kata-kata, kalimat bunyi, lambing, gambar atau lukisan, dengan bahasa, semua manusia dapat mengenal dirinya, sesama manusia, alam sekitar, ilmu pengetahuan, dan nilai-nilai moral atau agama.
Terdapat dua faktor penting yang mempengaruhi perkembangan bahasa, yaitu sebagai berikut :
a.       Proses jadi matang, dengan perkataan lain anak itu menjadi matang (orang-orang suara / bicara sudah berfungsi ) untuk berkata kata.
b.      Proses belajar yang berarti bahwa anak yang telah matang untuk berbicara lalu mempelajari bahasa orang lain dengan jalan mengimitasi/ meniru ucapan atau kata-kata yang di dengarnya.
Perkembagan bahasa sangat cepat selama masa kanak-kanak tengah dan pencapaian berbahasa tidak lagi sesuai dengan usianya. Rata-rata anak usia 6 tahun memiliki kosakata sekitar 3000 kata yang cepat berkembang dengan meluasnya pergaulan dengan teman sebaya dan orang dewasa serta kemampuannya membaca. Anak meningkatkan penggunaan berbahasa dan mengembangkan pengetahuan strukturalnya. Mereka menjadi lebih menyadari aturan sintaksis, aturan merangkai kta menjadi kalimat.

F.     PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL
Selama masa ini anak berjuang untuk mendapatkan kompetensi dan ketrampilan yang penting bagi mereka yang berfungsi sama sepertu dewasa. Anak usia sekolah yang mendapatkan keberthasilan positif merasa adanya perasaan berharga. Anak-anak yang menghadapi kegagalan dapat merasakan mediokritas (biasa saja ) / perasaan tidak berharga yang dapat mengakibatkan menarik diri dari sekolah dan teman sebaya.
1.      Perkembangan moral
Kebutuhan kode moral dan aturan social menjadi lebih nyata sesuai kemampuan kognitif dan pengalaman social anak sekolah, mereka memandang aturan sebagai prinsip dasar kehidupan, bukan hanya perintah dari yang memiliki otoritas.
Anak mulai mengenal konsep moral pertama kali dari lingkungan keluarga. Usaha untuk menanamkan konsep moral sejak dini merupakan hal yang seharusnya, karena informasi yang di terima anak mengenai benar salah, baik buruk, akan menjadi pedoman pada tingkah lakunya.
2.      Hubungan sebaya
Anak usia sekolah menyukai sebaya ssejenis dari pada sebaya lain jenis. Identitas jender yang kuat dapat di lihat pada ikatan yang kuat dengan teman sejenis yang di pertahankan oleh anak biasa di sebut “geng“. Umumnya anak laki-laki dan perempuan memandang jenis kelamin yang berbeda secara negative. Pengaruh sebaya menjadi lebih berbeda selama tahap perkembangan ini. Konformitas terlihat pada perilaku, gaya berpakaian, dan pola berbicara yang di dorong dan dipengaruhi adanya kontak dengan sebaya. Identitas kelompok meningkat, seiring perubahan anak sekolah menuju adolesens.
3.      Identitas seksual
Freud menggambarkan usia sekolah sebagai periode laten karena ia merasa pada periode ini anak memiliki sedikit ketertarikan dalam seksualitasnya. Sekarang ini banyak peneliti percaya bahwa anak usia sekolah memiliki ketertarikan yang besar pada seksualitasnya.
5.      Konsep diri dan kesehatan
Selama usia sekolah identitas dan konsep diri menjadi lebih kuat dan lebih individual. Persepsi sehat sakit berdasarkan pada fakta yang mudah diobservasi seperti adanya atau tidak adanya penyakit dan keadekuatan tidur atau makan. Kemampuan fungsional standar untuk kesehatan personal dan kesehatan yang lain dinilai.

G.    TUGAS PERKEMBANGAN ORANGTUA DENGAN ANAK USIA SEKOLAH
Ketika anak memasuki usia sekolah, orangtua sebenarnya merasa bahwa tahapan ini lebih berkurang kadar sibuknya, karena pekerjaan rumah sudah dapat berjalan secara rutin. Anak secara umum merasa puas mengenai hubungannya dengan orangtua dan mulai terlibat dalam aktivitas rumah tangga.
1.      Mensupport perkembangan anak
Mendukung perkembangan Anak dilakukan dengan cara membiarkan anak untuk pergi dan bergabung dengan dunia di luar rumahnya. Semakin lama, akan semakin sedikit waktu anak tersebut berada di rumahnya. Sejak pagi hingga siang anak harus bersekolah, kemudian setelah itu tidak jarang anak mengikuti kegiatan olahraga atau klub-klub tertentu bersama dengan grupnya, sehingga anak pulang ke rumah dalam keadaan lelah pada malam hari untuk beristirahat. Belum lagi ajakan temannya untuk menginap di rumahnya, berlibur bersama, ikut camp, mengunjungi kerabat pada hari libur, dsb. Semua kegiatan tersebut di atas sangat baik untuk perkembangan anak dalam hal kemandirian, memperluas pengalaman dan untuk perkembangan kepribadiannya.
Ketika anak mulai bergabung dengan teman sebaya mereka, orientasi mereka mulai berkembang kearah peernya. Maka orangtua harus mendukung hubungan ini, karena penelitian membuktikan bahwa anak dengan dukungan yang sangat baik dari anggota keluarganya akan memgang teguh norma, nilai dan identifikasi terhadap keluarganya bahkan ketika mereka sedang berinteraksi dengan orang lain (Bowerman&Kinch, 1959). Seorang ibu yang memiliki hubungan pertemanan yang hangat akan lebih mudah untuk membiarkan anaknya bergabung dengan dunia luar.
Anak pada usia ini sering menjadikan orang yang lebih tua sebagai figur otoritas. Anak akan sering berkata “…tapi kata bu guru begini…” pada orangtuanya. Hal ini mengindikasikan bahwa anak sudah mulai keluar dari aturan rumahnya. Anak menemukan model baru, sikap baru, dan pandangan baru melebihi yang didapat di keluarganya. Orangtua yang dapat berempati terhadap minat anak dan dapat lebih melonggarkan aturannya pada anak akan lebih mudahuntuk tidak terlalu mengikat anak tersebut pada masa remajanya.
Orangtua yang menanamkan minat selain dari urusan anaknya akan lebih mudah untuk membiarkan anaknya bergabung dengan aktivitas luar rumahnya dibandingkan orangtua yang memusatkan hidupnya hanya untuk anak mereka. Pada masa ini, suami dan istri lebih sering bekerja bersama dalam sebuah proyek disbanding ketika usia anaknya masih preschool ataupun remaja.(Feldman, 1961). Beberapa aktivitas bersama yang dilakukan dengan anak-anak juga, seperti piknik keluarga mungkin dapat mengembangkan minat dari suami dan istri untuk meneruskan hubungannya sebagai sebuah pasangan.
2.      Mempertahankan hubungan pernikahan
Beberapa studi, termasuk data dari National Opinion Research Centre mengindikasikan bahwa efek dari kehadiran anak pada sebuah pernikahan dapat membawa efek yang negatif. Hal ini ditemukan pada semua ras, agama, level pendidikan, dan status pekerjaan (Davis, 1978). Sebanyak 6 survey nasional sejak tahun 1973 sampai 1978 menemukan bahwa kehadiran anak cenderung mengurangi kebahagiaan orangtua, dalam hal:
1.      Ikut campur dalam hubungan pernikahan (marital companionship)
2.      Mengurangi spontanitas hubungan seksual antara suami dan istri
3.      Meningkatkan potensi kecemburuan dan kompetensi untuk memperoleh afeksi, waktu dan perhatian,
4.      Menjaga pasangan yang tidak bahagia dari perceraian, setidaknya untuk beberapa saat (Glenn&Mc Lanchan,1982).
Permasalahan pernikahan pada keluarga dengan anak usia sekolah biasanya lebih sering terjadi dibandingkan momen lainnya. Biasanya mereka mengalami 4 kali problem lebih sering. Potensi problem terbesar bisanya mengenai pengaturan anak di rumah, sehingga mengurangi ekspresi afeksi dari pasangan suami-istri, dan dijadikan nomor kedua (Swensen&Moore, 1979).
Ekspresi cinta dari pasangan mulai berkurang selama perjalanan pernikahan. Hal ini biasanya terjadi pada pasangan yang menerapkan peran gender tradisional dalam berhubungan, dimana hubungan keduanya kemudian hanya menjadi sebuah kebiasaan yang didasarkan pada kebutuhan, perasaan, dan harapan dari satu pihak ke pihak lainnya. Model pernikahan seperti ini lebih baik menggunakan metode diskusi daripada menghindar dalam penyelesaian konfliknya, dan yang lebih pentingberusaha untuk mengekspresikan cintanya secara spontan (Swensen,Eskew,&Kohlhepp, 1981). Menjaga hubungan pernikahan pada saat usia anak memasuki usia sekolah sangatlah penting, tidak hanya untuk kepentingan suami dan istri saja, tetapi juga demi kepentingan anak kelak

H.    TUGAS PERKEMBANGAN KELUARGA DENGAN ANAK USIA SEKOLAH
1.      Menyediakan Tempat Tinggal yang Cocok dan Memperhatikan Kesehatan Anak
Keluarga dengan anak usia sekolah mencari tempat tinggal yang sesuai dengan kemampuan mereka. Mereka lebih menyukai rumah yang dapat diperluas dan memungkinkan penggunaan energi secara efisien yang dekat dengan sekolah dan job security. Hauenstein dalam penelitiannya membagi populasi menjadi dua macam yaitu :
a.       High stress neighborhoods à ditandai dengan crowded, susunan, keluarga mengalami kesulitan membuat suatu pertemuan
b.      Low stress neighborhoods à kebanyakan adalah keluarga­-keluarga yang stabil, jalan-jalan yang aman.
Dari sini dapat disimpulkan bahwa tak seorangpun yang ingin tinggal di area yang tinggi tingkat kriminal yang sangat membahayakan anak-anak dan juga orang dewasa. Yang sering tinggal di area seperti ini biasanya adalah keluarga yang tidak bekerja (pengangguran) dan punya masala-masalah dalam perkawinan. Dapat dilihat bahwa menyediakan tempat tinggal yang sesuai adalah suatu tugas yang berat dan memberi tantangan terutama dalam situasi ekonomi yang sulit seperti sekarang.
Keluarga dengan young children kebanyakan menginginkan mempunyai rumah sendiri. Akan tetapi, biaya untuk memiliki rumah sendiri selalu meningkat dari waktu ke waktu. Adanya biaya pindah keluarga rata-rata meningkat begitu cepat, banyak keluarga yang tetap berada di tempat tinggalnya tanpa mencoba untuk meningkatkan keadaan tempat tinggal mereka. Pada waktu biaya untuk tempat tinggal semakin tinggi, beberapa keluarga muda mampu membeli sebuah rumah tanpa bantuan dari kerabatnya. Hal itu tidak aneh karena biasanya keluarga muda paling banyak menerima dukungan dari extended family
Menjaga kesehatan anak usia sekolah memerlukan suntikan untuk mencegah adanya penyakit menular dan peduli pada anak yang sakit atau pemulihan dari kecelakaan. Banyak sistem sekolah yang mengharuskan bukti imunisasi anak sebelum menerima mereka ke sekolah tiap tahun. Dipteria, tetanus, pertusis, polio, campak, gondok dan rubella (MMR) adalah imunisasi yang biasanya diperlukan bagi anak dari TK sampai SMA. Oleh karena itu, adalah tanggung jawab keluarga untuk menemui dokter keluarga atau melalui Departemen Kesehatan Negara atau klinik.
Kesehatan gigi pada anak dan orang dewasa juga merupakan tanggung jawab keluarga. Pemberian fluoride secara rutin besar pengaruhnya dalam mengurangi kerusakan gigi pada anak. Oleh karena itu, keluarga diharapkan untuk memeriksakan dan merapikan gigi anak pada dokter gigi serta menggosok gigi secara teratur setelah makan yang sering memerlukan monitor dan modeling dari orang tua.
Kecelakaan merupakan salah satu penyebab kematian pada anak-anak usia sekolah. Hasil penelitian bahwa anak laki-laki dua kali lebih banyak mengalami kecelakaan dibandingkan anak perempuan dan biasanya kematian paling tinggi adalah karena kecelakan kendaraan motor. Selain itu, kecelakaan juga menyebabkan kerusakan permanen, kelumpuhan serta kehilangan waktu untuk sekolah.
Child abuse merupakan suatu masalah yang terdapat pada beberapa keluarga. Mendisiplinkan anak dengan cara memukul mungkin adalah sesuatu yang normal dalam beberapa keluarga dan cukup banyak persentase orang tua yang mengaku menendang, menggigit, memukul dengan tangan atau benda dan mengancam menggunakan pisau atau senjata. Hasil penelitian bahwa 10 dari seribu anak tidak menerima cinta dan dukungan tetapi sering menerima pukulan dari orang tua mereka. Orang dewasa yang mengalami abuse pada waktu anak-anak lebih cenderung menjadi child abuser terhadap anak mereka sendiri. Physical abuse biasanya terjadi pada keluarga miskin tetapi kebanyakan keluarga kaya menggunakan abuse sebagai “accident”. Banyak keluarga ekonomi bawah yang stress dan melampiaskan rasa frustasi pada anak mereka. Child abuse sering juga dipicu oleh respon anak yang membantah, menantang atau mengabaikan orang tua sehingga orang tua frustasi dan kehilangan kontrol dan menggunakan metode disiplin yang lebih keras dan meningkat menjadi abuse. Parents anonymous merupakan organisasi nasional yang siap membantu mengatasi kekerasan dengan melakukan pertemuan secara teratur dan menggunakan sarana telepon untuk orang tua yang membutuhkan bantuan.
Incest merupakan masalah kesehatan mental utama yang terjadi pada semua kelas sosek serta etnis dan ras, biasanya saat anak berusia 6-12 tahun. Anak yang menjadi korban incest biasanya takut untuk menceritakannya pada siapapun, yang bisa jadi petunjuk adalah penarikan diri yang tidak jelas, kecemasan, mimpi buruk atau keluhan fisik khususnya masalah urine atau pelvic yang sakit. Bantuan untuk korban incest dan keluarganya dapat ditemukan di tempat layanan perlindungan anak, pusat krisis perkosaan atau woman’s centers. Untuk mencegah incest dapat dilakukan dengan pemberian pendidikan seks di rumah dan di sekolah.
Health care cost (biaya kesehatan) cenderung meningkat, tetapi banyak keluarga yang mempunyai asuransi kesehatan untuk membantu membiayai biaya rumah sakit dan membayar dokter. Sebanyak 83 % dari pekerja di Amerika bekerja pada perusahaan yang memiliki asuransi kesehatan.
2.      Keuangan Keluarga dengan Anak Usia Sekolah
Pengeluaran keluarga yang paling besar biasanya adalah untuk makan, kemudian untuk rumah, transport, dan kebutuhan rumah tangga. Keempat item utama tersebut kira-kira membutuhkan 65,1 % dari semua uang yang dihabiskan tiap individu dalam sebuah keluarga. Belum lagi untuk biaya pengobatan, pakaian, rekreasi, dan yang lainnya.
Ibu sering bekerja untuk membantu keuangan keluarga dan anak-anak. Kebanyakan ibu bekerja pada pekerjaan apapun menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan yang mereka miliki. Penghasilan mereka biasanya tidak sebesar penghasilan suaminya, tetapi mereka dapat membantu menyediakan segala sesuatu yang dibutuhan keluarga.
Pekerjaan part time mungkin adalah pekerjaan yang baik untuk ibu ketika anakberada di sekolah atau ketika ayah mereka dapat menemani anak-anak. Split shifts memungkinkan banyak ibu yang bekerja sementara suami berada di rumah. Kesuksesan ibu bekerjatergantung pada pendidikan dan training, pengalaman kerja sebelumnya, dukungan suami, usia anak, kesehatan serta dukungan bantuan dari kerabat dekat dan orang lain. Pekerjaan ibu biasanya harus disesuaikan secara efektif terhadap situasi yang terjadi dalam keluarga seperti ketika anak sakit, mendapat kecelakaan atau situasi gawat lain yang menimpa keluarga.
Dual career familiesmerupakan keluarga dimana kedua suami dan istri yang mempunyai karir dengan posisi yang penting, yang meminta serangkaian perkembangan dan keahlian serta memerlukan kompetensi dan komitmen yang tinggi. Ketika salah satu dari mereka mempunyai kesempatan mengambangkan karir di tempat lain, solusi tradisional untuk istri adalah mendukung karir suaminya, mengorbankan dirinya dengan tinggal di rumah, mengakhiri pekerjaannya atau memulai lagi semuanya di lokasi yang baru nanti.
Commuting merupakan jalan keluar yang diambil oleh pasangan yang keduanya mempunyai karir dimana salah dari mereka tinggal si rumah sedangkan yang lain pulang pergi kerja selama seminggu, kembali ke keluarga untuk weekends dan liburan. Keuntungan yang besar adalah perkembangan yang profesional dengan memisahkan pekerjaan dan waktu untuk keluarga sehingga tidak akan ada pengaruh negatif pada perembangan anak atau dalam masalah perkawinan. Ini mungkin terjadi ketika ada kerja sama yang aktif dan kepercayaan antara suami istri, komunikasi yang terbuka dalam keluarga, keteguhan hati untuk mengatasi masalah, fleksibel, dan komitmen yang kuat untuk keluarga dan pekerjaan. (Farris 1978).
Mengkombinasikan antara peran dalam bekerja dan keluarga perlu menjaga keseimbangan antara keduanya. Baik bu rumah tangga sepenuhnya atau istri yang bekerja ditemukansama-sama puas secara dengan kehidupannya
Anak memberikan ketertarikan pada ibu ketika mereka terlibat dalam pekerjaan ibu, mengunjungi tempat kerja ibu, bertemu dengan teman kerja ibu dan melihat apa yang ibu kerjakan. Anak yang bekerja di samping orang tuanya dalam tugas-tugas rumah tangga sehari-hari merasa bahwa mereka penting ketika dipercaya untuk memulai mempersiapkan makan malam dan melakukan tugas rumah tangga yang lain sementara menunggu orang tuanya pulang ke rumah.
3.      Pemberian Tanggung Jawab Dalam Memelihara Rumah
Dalam keluarga modern, dapur bukan lagi wilayah eksklusif ibu, tetapi juga bagi ayah dan anak yang lebih tua.
a.       Partisipasi anak
Partisipasi anak dalam menjaga rumahdapat dipertimbangkan, tergantung bagaimana keluarganya, usia dan jenis kelamin anak, dan apakah ibu mereka bekerja atau tidak. Anak laki-laki dan perempuan dapat saling membantu untuk memasak dan membersihkan rumah. Seperti perempuan, laki-laki pun dapat melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci piring, mengurus pekarangan, mobil dan hewan peliharaan. Ibu yang bekerja full time, partisipasi anak dalam mengurus rumah sangat tinggi, tapi ibu yang bekerja part-time, partisipasi anak rendah.
b.      Bantuan dari suami
Studi dari 1212 pasangan di Philadelphia, menemukan bahwa pasangan kulit hitam menyukai pembagian kerja dalam rumah tangga daripada pasangan kulit putih (Ericksen, Yancey, & Ericksen 1979). Terdapat 2 istilah yang harus dibedakan. Pertama Role-sharing, bahwa tanggungjawab tugas dilaksanakan oleh pasangan suami istri. Suami menganggap mengerjakan segala tugas tanpa harus ada nasihat atau pengingat dari istri. Istilah kedua yaitu task sharing, bahwa pembagian tugas tanpa mengubah asumsi dasar tentang peran-peran dari pasangan yang menikah. Task sharing, suami membantu istrinya jika hanya seorang istri membutuhkan pertolongan suaminya.
Studi di Middletown 1978 menemumukan perbedaanantara keluarga business class & working class. 45 persen keluarga yang menganggap istri memiliki tanggung jawab penuh terhadap tugas rumah tangga, istri yang mengurus rumah tangga lebih banyak daripada suami sekitar 40 persen pasangan, 7 persen pasangan suami istri saling berbagi tugas, laki-laki yang lebih banyak mengurus rumah tangga sekitar 3 persen dan beberapa lagi masih termasuk dalam studi keluarga.
Lewis (1972) menyatakan bahwa istri lebih aktif dalam membuat keputusan ketika anak di rumah. Interaksi dengan ayah juga sangat penting, karena dapat membantu anak bersikap disekolah seperti halnya hubungan dengan peers, orangtua, dan saudara kandung (Feldman & Feldman, 1975). Hubungan antara suami-istri dapat ditingkatkan dengan saling berbagi tugas dalam menjaga anak dan rumah tangga.
4.      Sosialisasi
Sosialisasi adalah sebuah proses dimana individu dibantu untuk:
a.       diterima dalam anggota suatu kelompok
b.      mengembangkan sense-nya sebagai social being
c.       berinteraksi dengan orang lain dalam variasi peran, posisi, dan status
d.      antisipasi terhadap harapan dan reaksi dari orang lain
e.       persiapan untuk peran masa depan yang mereka harapkan
Sosialisasi bermanfaat untuk tiap anggota keluarga dalam mengembangkan skills, attitude dan potensi seseorang di masyarakat. Sosialisasi berlangsung terus menerus dalam kehidupan sebagai suatu peran baru di setiap situasi baru atau kelompok yang individu tersebut baru memasukinya. Anak-anak usia sekolah lebih mengembangkan hubungan dengan orang lain daripada dengan keluarganya sendiri.
Rasa kedekatan dengan relatives of the family dapat dicapai dengan cara saling mengunjungi, menulis surat, liburan bersama, reuni keluarga, dll. Anak-anak usia sekolah dapat berkunjung ke keluarganya yang lain di saat anak tersebut sudah bisa menjaga dirinya, siap menghadapi tantangan dan tertarik dengan situasi yang baru. Anak usia sekolah senang berteman dengan berbagai jenis orang. Saat anak tersebut berhadapan dengan teman yang berbeda tipe, mereka belajar mengatasi situasi saat ini dan yang akan datang. “undesirable friends” menurut orangtua
a.       anak mengganggu teman mainnya yang lain jenis
b.      teman lain suka menyerang
c.       bermain bersama tapi tidak sesuai aturan
Keterlibatan keluarga dalam masyarakat berfungsi saat orang tua mempercayai anaknya untuk mandiri. Anak yang dari latar belakang beda ras, etnik, dan kelas sosial dapat memiliki pengalaman lebih banyak daripada anak yang hanya berhubungan dengan “orang-orang satu jenis” dengannya, karena dapat menghilangkan komponen pendidikan mereka dalam hidup bermasyarakat.
Orangtua sebaiknya ikut aktif dalam pertemuan orangtua-guru dan kegiatan lain yang ditekuni oleh anaknya.

5.      Komunikasi Di Dalam Keluarga dan Anak Usia Sekolah
Keluarga adalah sebuah sarana komunikasi untuk anak usia sekolah. Kebanyakan anak senang menceritakan pengalaman mereka, banyak bertanya, dan mengekspresikan sesuatu. Studi longitudinal mengindikasikan masalah awal seperti destructiveness, temper tantrums dan overactivity menurun secara cepat di usia sekolah
Komunikasi orangtua-anak didukung saat anak merasa bebas menanyakanatau berbicara hal personal tentang masalah pubertas yang dialami dan tentang peer mereka.
Diskusi tentang sex education:
1.      Apa yang terjadi di dalam tubuh
2.      perbedaan antara 2 sex
3.      perbedaan yang dirasakan antar teman sejenis saat beranjak dewasa
4.      bagaimana menerima dan dapat nyaman dengan situasi menstruasi pada perempuan dan seminal emissions pada laki-laki
5.      bagaimana cara mengatasi jerawat dan tanda lain yang menunjukkan meningkatnya fungsi glandular
6.      kematangan tubuh apa yang terjadi pada saat sekarang dengan yang akan datang
Orang tua yang dapat menjawab pertanyaan dan terbuka dengan anaknya akan menjaga komunikasi yang baik. Penerimaan orangtua terhadap perasaan real mereka sama baiknya pada anak dapat memunculkan ekspresi yang sehat dari emosi seperti fear(takut), anxiety (cemas), resentment, anger(marah), dan cemburu.

Siblings

Beberapa keuntungan memiliki siblings:
1.      kakak dapat menjadi teladan bagi adiknya
2.      seorang sibling mengidentifikasi dengan yang lain pada satu area
3.      perbedaan antara sibling dapat mengembangkan sense
4.      sibling dapat menjadi feedbacker
5.      dapat saling tukar barang
6.      jembatan untuk mengerti antara dunianya dan dunia orang dewasa
Sibling coalition dimana anak dikontrol secara kuat diawalnya sebagai mekanisme bagi anak agar terikat bersama yang mungkin ikatan sepanjang hidup antar siblings. Anak yang pertama lahir dapat memiliki orangtua yang seutuhnya dan terus berlanjut menjadi anak yang unik dalam keluarga. Anak yang paling akhir, oleh orangtuanya cenderung diberikan banyak toleransi. Anak tengah merasa bahwa orangtuanya lebih banyak menghukum daripada memberi dukungan padanya dibandingkan anak tertua dan anak terakhir. Dalam studi tentang selfesteem anak tengah memiliki tingkat yang rendah selfesteem-nya dibandingkan anak pertama dan terakhir.
Fungsi dari rumah dapat juga melayani emosi-emosi yang dikondisikan kembali oleh anggota keluarga pada saat ia berada di luar seperti sekolah dibandingkan ia harus meluapkan emosi di luar rumah yang akan mengganggu ketenangan di sekitar rumah. Dengan adanya komunikasi maka cinta akan mengalir dalam keluarga tersebut menggantikan rasa marah atau energi negatif lainnya dengan energi yang positif.

I.       PROMOSI KESEHATAN SELAMA PERIODE USIA SEKOLAH
Periode usia sekolah merupakan periode klinis untuk penerimaan latihan perilaku dan kesehatan menuju kehidupan dewasa yang sehat. Jika tingkat kognisi meningkat pada periode ini, pendidikan kesehatan yang efektif harus dikembangkan dengan tapat. Promosi praktek kesehatan yang baik merupakan tanggung jawab perawat.
Selama progam ini, perawat berfokus pada pengembangan perilaku yang secara positif berpengaruh pada status kesehatan anak. Perawat dapat berperan untuk memenuhi tujuan kebijakan nasional dengan menigkatkan kebiasaan gaya hidup yang sehat termasuk nutrisi. Anak usia sekolah harus berpartisipasi dalam progam pendidikan yang memungkinkan mereka untuk merencanakan, memilih dan menyajikan makanan yang sehat. Perawat juga mengikutsertakan orang tua tentang peningkatan kesehatan yang tepatbagi anak usia sekolah. Orang tua perlu mengenali pentingnya kunjungan pemeliharaan kesehatan.



J.      MASALAH KESEHATAN SPESIFIK PADA ANAK USIA SEKOLAH
Kecelakaan dan cedera merupakan masalah kesehatan utama yang terjadi pada anak. Anak usia sekolah juga secara signifikan mengalami kanker, cacat lahir, pembunuhan, dan penyakit jantung. Pada kelompok usia ini, masalah ini memiliki angka mordibitas tinggi jumlah infeksi hamper 80% dari seluruh penyakit anak. Infeksi pernafasan merupakan prevalensi terbanyak, flu biasa tetap merupakan penyakit utama pada masa ini.
Beberapa kelompok lebih mudah mengalami penyakit dan ketidakmampuan, sering kali sebagai akibat adanya rintangan pencapaian pelayanan kesehatan. Retardasi mental, gangguan belajar, kerusakan sensasi, dan malnutrisi merupakan prevalensi terbanyak di antara anak-anak yang hidup dalam kemiskinan.
Masalah-masalah yang sering terjadi pada anak usia sekolah meliputi bahaya fisik dan psikologis.
      1.      Bahaya Fisik
a.       Penyakit
§  Penyakit palsu/khayal untuk menghindari tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya
§  Penyakit yang sering dialami adalah yang berhubungan dengan kebersihan diri
b.      Kegemukan
Bahaya kegemukan yang dapat terjadi :
§  Anak kesulitan mengikuti kegiatan bermain sehingga kehilangan kesempatan untuk keberhasilan social
§  Teman-temannya sering mengganggu dan mengejek sehingga anak menjadi rendah diri
c.       Kecelakaan
Meskipun tidak meninggalkan bekas fisik, kecelakaan sering dianggap sebagai kegagalan dan anak lebih bersikap hati-hati akan bahayanya bagi psikologisnya sehingga anak merasa takut dan hal ini dapat berkembang menjadi rasa malu yang akan mempengaruhi hubungan social
d.      Kecanggungan
Anak mulai membandingkan kemampuannya dengan teman sebaya bila muncul perasaan tidak mampu dapat menjadi dasar untuk rendah diri
e.       Kesederhanaan
Hal ini sering dilakukan oleh anak-anak dan orang dewasa memandangnya sebagai perilaku kurang menarik sehingga anak menafsirkannya sebagai penolakan yang dapat mempengaruhi konsep diri anak
            2.      Bahaya Psikologis
a.       Bahaya dalam berbicara
Ada 4 (empat) bahaya dalam berbicara yang umum terdapat pada anak-anak usia sekolah yaitu :
§  Kosakata yang kurang dari rata-rata menghambat tugas-tugas di sekolah dan menghambat komunikasi dengan orang lain
§  Kesalahan dalam berbicara, cacat dalam berbicara (gagap) akan membuat anak jadi sadar diri sehingga anak hanya berbicara bila perlu saja
§  Anak yang kesulitan berbicara dalam bahasa yang digunakan dilingkungan sekolah akan terhalang dalam usaha untuk berkomunikasi dan mudah merasa bahwa ia berbeda
§  Pembicaraan yang bersifat egosentris, mengkritik dan merendahkan orang lain, membual akan ditentang oleh temannya
b.      Bahaya emosi
Anak akan dianggap tidak matang bila menunjukan pola-pola emosi yang kurang menyenangkan seperti marah yang berlebihan, cemburu masih sangat kuat sehingga kurang disenangi orang lain.
c.       Bahaya bermain
Anak yang kurang memiliki dukungan sosial akan merasa kekurangan kesempatan untuk mempelajari permainandan olah raga untuk menjadi anggota kelompok, anak dilarang berkhayal, dilarang melakukan kegiatan kreatif dan bermain akan menjadi anak penurut yang kaku.
d.      Bahaya dalam konsep diri
Anak yang mempunyai konsep diri yang ideal biasanya merasa tidak puas terhadap diri sendiri dan tidak puas terhadap perlakuan orang lainbila konsep sosialnya didasarkan pada pelbagai stereotip, anak cenderung berprasangka dan bersikap diskriminatif dalam memperlakukan orang lain. Karena konsepnya berbobot emosi dan cenderung menetap serta terus menerus akan memberikan pengaruh buruk pada penyesuaian sosial anak
e.       Bahaya moral
Bahaya umum diakitkan dengan perkembangan sikap moral dan perilaku anak-anak :
§  Perkembangan kode moral berdasarkan konsep teman-teman atau berdasarkan konsep-konsep media massa tentang benar dan salah yang tidak sesuai dengan kode orang dewasa
§  Tidak berhasil mengembangkan suara hati sebagai pengawas perilaku
§  Disiplin yang tidak konsisten membuat anak tidak yakin akan apa yang sebaiknya dilakukan
§  Hukuman fisik merupakan contoh agresivitas anak
§  Menganggap dukungan teman terhadap perilaku yang salah begitu memuaskan sehingga menjadi perilaku kebiasaan
§  Tidak sabar terhadap perilaku orang lain yang salah
f.       Bahaya yang menyangkut minat
Bahaya yang dihubungkan dengan minat masa kanak-kanak :
Ø  Tidak berminat terhadap hal-hal yang dianggap penting oleh teman-teman sebaya
Ø  Mengembangkan sikap yang kurang baik terhadap minat yang dapat bernilai bagi dirinya, misal kesehatan dan sekolah
g.      Bahaya hubungan keluarga
Kondisi-kondisi yang menyebabkan merosotnya hubungan keluarga :
§  Sikap terhadap peran orang tua, orang tua yang kurang menyukai peran orang tua dan merasa bahwa waktu, usaha dan uang dihabiskan oleh anak cenderung mempunyai hubungan yang buruk dengan anak-anaknya
§  Harapan orang tua, kritikan orang tua pada saat anak gagal dalam melaksanakan tugas sekolah dan harapan-harapan orang tua maka orang tua sering mengkritik, memarahi dan bahkan menghukum anak
§  Metode pelatihan anak, disiplin yang otoriter pada keluarga besar dan disiplin lunak pada keluarga kecil yang keduanya menimbulkan pertentangan dirumah dan meyebabkan kebencian pada anak. Disiplin yang demokratis biasanya menghasilkan hubungan keluarga yang baik.
§  Status sosial ekonomi, bila anak merasa benda dan rumah miliknya lebih buruk dari temannya maka anak sering menyalahkan orang tua dan orang tua cenderung membenci hal itu
§  Pekerjaan orang tua, pandangan mengenai pekerjaan ayah mempengaruhi persaan anak dan bila ibu seorang karyawan sikap terhadap ibu diwarnai oleh pandangan teman-temannya mengenai wanita karier dan oleh banyaknya beban yang harus dilakukan di rumah.
§  Perubahan sikap kepada orang tua, bila orang tua tidak sesuai dengan harapan idealnya anak, anak cenderung bersikap kritis dan membandingkan orang tuanya dengan orang tua teman-temannya.
§  Pertentangan antar saudara, anak-anak yang merasa orang tuanya pilih kasih terhadap saudara-saudaranya maka anak akan menentang orang tua dan saudara yang dianggap kesayangan orang tua
§  Perubahan sikap terhadap sanak keluarga, anak-anak tidak menyukai sikap sanak keluarga yang terlalu memerintah atau terlalu tua dan orang tua akan memarahi anak serta sanak keluarga membenci sikap sianak
§  Orang tua tiri, anak yang membenci orang tua tiri karena teringat orang tua kandung yang tidak serumah akan memperlihatkan sikap kritis, negativitas dan perilaku yang sulit.
Laporan Pendahuluan Keluarga Dengan Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun)


PENGKAJIAN

A.    MASALAH KEPERAWATAN KESEHATAN KELUARGA
  1. Komunikasi keluarga  disfungsional
  2. Potensial peningkatan menjadi orangtua, perubahan(krisis) menjadi orangtua, konflik peran orangtua
  3. Perubahan penampilan peran
  4. Gangguan citra tubuh
  5. Koping keluarga  tidak efektif (menurun, ketidakmampuan), potensial peningkatan koping keluarga
  6. Risiko terhadap tindak kekerasan
  7. Perilaku mencari bantuan kesehatan,
  8. Gangguan tumbuh kembang,
  9. Risiko penularan penyakit,


B.     PROSES KEPERAWATAN KELUARGA
Menurut Friedman (1998:54), Proses keperawatan merupakan pusat bagi semua tindakan keperawatan, yang dapat diaplikasikan dalam situasi apa saja, dalam kerangka referensi tertentu, konsep tertentu, teori atau falsafah. Friedman dalam Proses keperawatan keluarga  juga membagi dalam lima tahap proses keperawatan yang terdiri dari pengkajian terhadap keluarga , identifikasi masalah keluarga  dan individu atau diagnosa keperawatan, rencana perawatan, implemntasi rencana pengerahan sumber-sumber dan evaluasi perawatan.
Dalam melakukan asuhan keperawatan kesehatan keluarga  menurut Effendi (2004) dengan melalui membina hubungan kerjasama yang baik dengan keluarga  yaitu dengan mengadakan kontrak dengan keluarga , menyampaikan maksud dan tujuan, serta minat untuk membantu keluarga  dalam mengatasi masalah kesehatan keluarga , menyatakan kesediaan untuk membantu memenuhi kebutuhan – kebutuhan kesehatan yang dirasakan keluarga  dan membina komunikasi dua arah dengan keluarga .
Friedman (1998: 55) menjelakan proses asuhan keperawatan keluarga terdiri dari lima langkah dasar meliputi :

            1.      PENGKAJIAN
Menurut Suprajitno (2004:29) pengkajian adalah suatu tahapan ketika seorang perawat mengumpulkan informasi secara terus menerus tentang keluarga  yang dibinanya. Pengkajian merupakan langkah awal pelaksanaan asuhan keperawatan keluarga . Agar diperoleh data pengkajian yang akurat dan sesuai dengan keadaan keluarga , perawat diharapkan menggunakan bahasa ibu (bahasa yang digunakan sehari-hari), lugas dan sederhana (Suprajitno: 2004).
Kegiatan yang dilakukan dalam pengkajian meliputi pengumpulan informasi dengan cara sistematis dengan menggunakan suatu alat pengkajian keluarga , diklasifikasikan dan dianalisa (Friendman, 1998: 56).
a.      Pengumpulan data
1)      Identitas  keluarga  yang dikaji adalah umur, pekerjaan, tempat tinggal, dan  tipe keluarga .
2)      Riwayat dan Tahap Perkembangan  keluarga
a)      Tahap perkembangan keluarga  saat ini è Tahap perkembangan keluarga  ditentukan dengan anak tertua dari keluarga  inti.
b)      Tahap perkembangan keluarga  yang belum terpenuhi è Menjelaskan mengenai tugas perkembangan yang belum terpenuhi oleh keluarga  serta kendala mengapa tugas perkembangan tersebut belum terpenuhi.
c)      Riwayat keluarga  inti è Menjelaskan mengenai riwayat kesehatan pada keluarga  inti, yang meliputi riwayat penyakit keturunan, riwayat kesehatan masing-masing anggota keluarga, perhatian terhadap pencegahan penyakit (status imunisasi), sumber pelayanan kesehatan yang biasa digunakan keluarga  serta pengalaman-pengalaman terhadap pelayanan kesehatan.
d)     Riwayat keluarga  sebelumnya è Dijelaskan mengenai riwayat kesehatan pada keluarga  dari pihak suami dan istri.
3)      Latar belakang budaya /kebiasaan keluarga
a)      Kebiasaan makan è Kebiasaan makan ini meliputi jenis makanan yang dikosumsi oleh keluarga .
b)      Pemanfaatan fasilitas kesehatan è Perilaku keluarga  didalam memanfaatkan fasilitas kesehatan merupakan faktor yang penting dalam penggelolaan penyakit.
c)      Pengobatan tradisional è Merupakan pilihan bagi keluarga  untuk menentukan pengobatan yang diinginkan ataupun alternative pilihan yang dipilih yaitu pengobatan tradisional.
4)      Status Sosial Ekonomi
a)      Pendidikan
Tingkat pendidikan keluarga  mempengaruhi keluarga  dalam mengenal suatu penyakit dan pengelolaannya. Berpengaruh pula terhadap pola pikir  dan kemampuan untuk mengambil keputusan dalam mengatasi masalah dangan tepat dan benar.
b)      Pekerjaan dan Penghasilan
Penghasilan yang tidak seimbang juga berpengaruh terhadap keluarga  dalam melakukan pengobatan dan perawatan pada angota keluarga  yang sakit salah satunya disebabkan karena suatu penyakit. Menurut (Effendy,1998) mengemukakan bahwa ketidakmampuan keluarga  dalam merawat anggota keluarga  yang sakit salah satunya disebabkan karena tidak seimbangnya sumber-sumber yang ada pada keluarga .
5)      Tingkat perkembangan dan riwayat keluarga
Menurut Friedmen (1998:125), Riwayat keluarga  mulai lahir hingga saat ini termasuk riwayat perkembangan dan kejadian serta pengalaman kesehatan yang unik atau berkaitan dengan kesehatan yang terjadi dalam kehidupan keluarga  yang belum terpenuhi berpengaruh terhadap psikologis seseorang yang dapat mengakibatkan kecemasan.
6)      Aktiftas
Pola aktifitas yang dipilih oleh suatu keluarga  dapat berpengaruh terhadap terjadinya suatu penyakit dan gaya hidup suatu keluarga.
7)      Data Lingkungan
a)      Karakteristik rumah
Cara memodifikasikan lingkungan fisik yang baik seperti lantai rumah, penerangan dan fentilasi yang baik dapat mengurangai faktor penyebab terjadinya suatu penyakit.
b)      Karakteristik Lingkungan
Menurut (friedman,1998 :22) derajad kesehatan dipengaruhi oleh lingkungan. Ketenangan lingkungan sangat mempengaruhi derajat kesehatan.
8)      Struktur keluarga
a)      Pola komunikasi
Menurut (Friedman, 1998) Semua interaksi perawat dengan pasien adalah berdasarkan komunikasi. Istilah komunikasi teurapetik merupakan suatu tekhnik diman usaha mengajak pasien dan keluarga  untuk bertukar pikiran dan perasaan. Tekhnik tersebut mencakup ketrampilan secara verbal maupun non verbal, empati dan rasa kepedulian yang tinggi.
b)      Struktur Kekuasaan
Kekuasaan dalam keluarga  mempengaruhi dalam kondisi kesehatan, kekuasaan yang otoriter dapat menyebabkan stress psikologik.
c)      Struktur peran
Menurut Friedman (1998), anggota keluarga  menerima dan konsisten terhadap peran yang dilakukan, maka ini akan membuat anggota keluarga  puas atau tidak ada konflik dalam peran, dan sebaliknya bila peran tidak dapat diterima dan tidak sesuai dengan harapan maka akan mengakibatkan ketegangan dalam keluarga .
9)      Fungsi keluarga
a)      Fungsi afektif
Keluarga  harus saling menghargai satu dengan yang lainnya agar tidak menimbulkan suatu permasalahan maupun stressor tertentu bagi anggota keluarga  itu sendiri.
b)       Fungsi sosialisasi        .
Keluarga  memberikan kebebasan bagi anggota keluarga  dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Bila keluarga  tidak memberikan kebebasan pada anggotanya, maka akan mengakibatkan anggota keluarga  menjadi sepi. Keadaan ini mengancam status emosi menjadi labil dan mudah stress.
c)      Fungsi kesehatan
Menurut suprajitno (2004) fungsi mengembangkan dan melatih anak untuk berkehidupan sosial sebelum meninggalkan rumah untuk berhubungan dengan orang lain diluar rumah.
Hal-hal yang perlu dikaji untuk mengetahui sejauh mana keluarga melakukan pemenuhan tugas perawatan keluarga  adalah :
(a)    Untuk mengetahui kemampuan keluarga  mengenal masalah kesehatan, yang perlu  dikaji adalah sejauhmana  keluarga  memahami fakta-fakta dari masalah kesehatan yang meliputi: pen gertian, tanda dan gejala, faktor penyebab dan yang mempengaruhinya serta persepsi keluarga  terhadap masalah.
(b)   Untuk mengetahui kemampuan keluarga  mengambil keputusan mengenai tindakan kesehatan yang tepat, hal yang perlu dikaji adalah ;
§  Sejauhmana kemampuan keluarga  mengerti mengenai sifat dan luasnya masalah
§  Apakah masalah kesehatan dirasakan oleh keluarga
§  Apakah keluarga  merasa menyerah terhadap masalah yang dialami
§  Apakah keluarga  merasa takut akan akibat dari penyakit
§  Apakah keluarga  mempunyai sikap negatif terhadap masalah kesehatan.
§  Apakah keluarga  dapat menjangkau fasilitas kesehatan yang ada.
§  Apakah keluarga  kurang percaya terhadap tenaga kesehatan.
§  Apakah keluarga  mendapat informasi yang salah terhadap tindakan dalam mengatasi masalah.
(c)    Mengetahui sejauhmana kemampuan keluarga  merawat anggota keluarga  yang sakit, termasuk kemampuan memelihara lingkungan dan menggunakan sumber/fasilitas kesehatan yang ada di masyarakat, yang perlu dikaji adalah ;
§  Apakah keluarga  mengetahui sifat dan perkembangnan perawatan yang dibutuhkan untuk menanggulangi masalah kesehatan/ penyakit.
§  Apakah keluarga  mempunyai sumber daya dan fasilitas yang diperlukan untuk perawatan.
§  Keterampilan keluarga  mengenai macam perawatan yang diperlukan memadai.
§  Apakah keluarga  mempunyai pandangan negatif terhadap perawatan yang diperlukan
§  Adakah konflik individu dan perilaku mementingkan diri sendiri dalam keluarga
§  Apakah keluarga  kurang dapat memelihara keuntungan dalam memelihara lingkungan dimasa mendatang.
§  Apakah keluarga  mempunyai upaya penuingkatan kesehatan dan pencegahan penyakit
§  Apakah keluarga  sadar akan pentingnya fasilitas kesehatan dan bagaimana pandangan keluarga  akan fasilitas tersebut.
§  Apakah keluarga  merasa takut akan akibat dari tindakan (diagnostik, pengobatan dan rehabilitasi).
§  Bagaimana falsafah hidup keluarga  berkaitan dengan upaya perawatan dan pencegahan.
d)     Fungsi reproduksi
Hal yang perlu dikaji mengenai fungsi reproduksi keluarga  adalah:
(a)    Berapa jumlah anak
(b)   Bagaimana keluarga  merencanakan jumlah anggota keluarga
(c)    Metode apa yang digunakan keluarga  dalam upaya mengendalikan jumlah anggota keluarga .
e)      Fungsi ekonomi
Hal yang perlu dikaji mengenai fungsi ekonomi keluarga  adalah :
(a)    Sejauhmana keluarga  memenuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan
(b)   Sejauhmana keluarga  memanfaatkan sumber yang ada di masyarakat sdalam upaya peningkatan status kesehatan keluarga .
10)  Pola istirahat tidur
Istirahat tidur seseorang akan terganggu manakala sedang mengalami masalah yang belum terselesaikan
11)  Stress dan Koping keluarga
a.       Stressor jangka pendek dan panjang
1)      Stressor jangka pendek yaitu stressor yang dialami keluarga  yang memerlukan penyelesaian dalam waktu kurang dari 6 bulan.
2)      Stressor jangka panjang yaitu stressor yang dialami keluarga  yang memerlukan penyelesaian dalam waktu lebih dari 6 bulan.
b.      Kemampuan keluarga  berespon terhadap situasi/stressor
Hal yang perlu dikaji adalah sejauhmana keluarga  berespon terhadap situasi/stressor.
c.       Strategi koping yang digunakan
Strategi koping yang digunakan keluarga  bila menghadapi permasalahan.
d.      Strategi adaptasi disfungsional
e.       Strategi adaptasi disfungsional yang digunakan keluarga  bila menghadapi permasalahan

b.      Pemeriksaan Fisik
Pemeriksaan fisik dilakukan terhadap semua anggota keluarga . Metode yang digunakan pada pemeriksaan fisik tidak berbeda dengan pemeriksaan fisik di klinik.

c.       Pengkajian Lingkungan
1)      Karakteristik rumah
Karakteristik rumah diidentifikasi dengan melihat luas rumah, type rumah, jumlah ruangan, jumlah jendela, jarak septic tank dengan sumber air, sumber air minum yang digunakan serta denah rumah.
2)      Karakteristik tetangga dan komunitas RW
Menjelaskan mengenai karakteristik tetangga dan komunitas setempat yang meliputi kebiasaan, lingkungan fisik, aturan/kesepakatan penduduk setempat, budaya setempat yang mempengaruhi kesehatan.
3)      Mobilitas geografis keluarga
Mobilitas geografis keluarga  ditentukan dengan kebiasaan keluarga  berpindah tempat.
4)      Perkumpulan keluarga  dan interaksi dengan masyarakat
Menjelaskan mengenai waktu yang digunakan keluarga  untuk berkumpul serta perkumpulan keluarga  yang ada dan sejauh mana interaksi keluarga  dengan masyarakat.
5)      Sistem pendukung keluarga
Yang termasuk dalam sistem pendukung keluarga  adalah jumlah anggota keluarga  yang sehat, fasilitas-fasilitas yang dimiliki keluarga  untuk menunjang kesehatan. Fasilitas mencakup fasilitas fisik, fasilitas psikologis atau dukungan dari anggota keluarga  dan fasilitas sosial atau dukungan dari masyarakat setempat.

d.      Pengkajian Anak Sekolah
§  Bagaimana karakteristik teman bermain
§  Bagaimana lingkungan bermain
§   Berapa lama anak menghabiskan waktunya disekolah
§  Bagaimana stimulasi terhadap tumbuh kembang anak dan adakah sarana yang dimilikinya
§  Bagaimana temperamen anak saat ini
§  Bagaiman pola anak jika menginginkan sesuatu barang
§  Bagaimana pola orang tua menghadapi permintaan anak
§  Bagaimana prestasi yang dicapai anak saat ini
§  Kegiatan apa yang diikuti anak selain di sekolah
§  Sudahkah memperoleh imiunisasi ulangan selama disekolah
§  Pernahkah mendapat kecelakaan selama disekolah atau dirumah saat bermain
§  Adakah penyakit yang muncul dan dialami anak selama masa ini
§  Adakah sumber bacaan lain selain buku sekolah dan apa jenisnya
§  Bagaimana pola anak memanfaatkan waktu luangnya
§  Bagaimana pelaksanaan tugas dan fungsi keluarga

e.       Harapan keluarga
Pada akhir pengkajian, perawat menanyakan harapan keluarga  terhadap petugas kesehatan yang ada.

           2.      DIAGNOSA KEPERAWATAN
Diagnosa  keperawatan adalah pernyataan yang menggambarkan respon manusia atas perubahan pola interaksi potensial atau aktual individu. Perawat secara legal dapat mengidentifikasi dan menyusun intervensi masalah keperawatan. Kolaborasi dan koordinasi dengan anggota tim lain merupakan keharusan untuk menghindari kebingungan anggota akan kurangnya pelayanan kesehatan.
Diagnosa keperawatan keluarga  dirumuskan berdasarkan data yang didapat pada pengkajian yang terdiri dari masalah keperawatan yang akan berhubungan dengan etiologi yang berasal dari pengkajian fungsi perawatan keluarga. Diagnosa keperawatan mengacu pada PES dimana untuk problem dapat digunakan rumusan NANDA.
Tipologi dari diagnosa keperawatan keluarga  terdiri dari :
§  Aktual (terjadi defisit/gangguan kesehatan)
§  Resiko (ancaman kesehatan)
§  Keadaan sejahtera (wellness)
Contoh diagnosa keperawatan keluarga  ;
a.       Diagnosa Keperawatan keluarga  Aktual
1)      Contoh 1
a)      Gangguan nutrisi : kurang dari kebutuhan pada balita (Anak M), keluarga  Bapak R berhubungan dengan ketidaktahuan keluarga  mengenal masalah kekurangan nutrisi.
b)      Gangguan nutrisi : kurang dari kebutuhan pada balita (Anak M), keluarga  Bapak R berhubungan dengan ketidakmauan keluarga  mengambil keputusan/tindakan untuk mengatasi masalah kekurangan nutrisi.
c)      Gangguan nutrisi : kurang dari kebutuhan pada balita (Anak M), keluarga  Bapak R berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga  merawat anggota keluarga  dangan masalah kekurangan nutrisi.
Pada contoh diatas, yang menjadi etiologi (tugas keluarga ) mengandung 3 unsur yaitu ketidaktahuan (tidak mengenal masalah), ketidak mauan mengambil keputusan dan ketidak mampuan merawat, maka dari 3 diagnosa tersebut cukup hanya menentukan 1 (satu) diagnosa  yaitu diagnosa yg ketiga, akan tetapi dalam metrumuskan tujuan dan intervensi harus melibatkan ketiga etiologi tersebut
2)      Contoh 2
Perubahan peran dalam keluarga  (bapak S) berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga mengenal masalah peran suami
3)      Contoh 3
Keterbatasan pergerakan pada lanjut usia (ibu A) keluarga  bapak B berhubungan dengan ketidakmampuan merawat anggota keluarga  dengan keterbatasan gerak (rematik).
b.      Diagnosa Keperawatan keluarga  Resiko (ancaman)
Sudah ada data yang menunjangtapi belum terjadi gangguan, misalnya lingkungan rumah kurang bersih, pola makan yang tidak adekuat, stimulasi tumbuh kembang yang tidak adekuat, dsb.
Contoh
1)      Resiko terjadi konflik pada keluarga  bapak B berhubungan dengan ketidaktahuan keluarga  mengenal masalah komunikasi
2)      Resiko gangguan perkembangan pada Balita (Anak S) keluarga  bapak B berhubungan dengan ketidakmauan keluarga  mellakukan stimulasi terhadap Balita.
c.       Diagnosa Keperawatan keluarga  Sejahtera/Potensial
Suatu keadaan dimana keluarga  dalam keadaan sejahtera sehingga kesehatan keluarga  dapat ditingkatkan . Khusus untuk diagnosa keperawatan potensial (sejahtera) boleh tidak menggunakan etiologi.
Contoh
1)      Potensial terjadinya kesejahteraan pada ibu hamil (Ibu M) keluarga  bapak R
2)      Potensial peningkatan status kesehatan pada bayi (Anak L) keluarga  bapak R
3)      Potensial peningkatan status kesehatan pada pasangan baru menikah keluarga  bapak R

Menyusun prioritas
Friedman (1998:64), menjelaskan perencanaan perawatan meliputi seleksi bersama yang dirancang untuk mencapai tujuan. Faktor penetapan prioritas perasaan peka terhadap klien dan efek terpeutik terhadap tindakan dimasa mendatang.
Cara membuat skor penentuan prioritas masalah keperawatan keluarga :
NO
KRITERIA
SKOR
BOBOT
1
Sifat masalah
      · Aktual (Tidak/kurang sehat)
      · Ancaman kesehatan
      · Keadaan sejahtera

3
2
1


1
2

Kemungkinan masalah dapat diubah
      · Mudah
      · Sebagian
      · Tidak dapat

2
1
0


2
3

Potensi masalah untuk dicegah
      · Tinggi
      · Sedang
      · Rendah

3
2
1


1
4
Menonjolnya masalah
·    Masalah berat, harus segera ditangani
·    Ada masalah, tetapi tidak perlu segera ditangani
·    Masalah tidak dirasakan

2
1

0


1

Skoring :
Laporan Pendahuluan Keluarga Dengan Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun)
Catatan : Skor dihitung bersama dengan keluarga 
Faktor yang dapat mempengaruhi penentuan prioritas
a.       Kriteria 1
Sifat masalah ; bobot yang lebih berat diberikan pada tidak/kurang sehat karena yang pertama memerlukan tindakan segera dan biasanya disadari dan dirasakan oleh keluarga
b.      Kriteria 2
Kemungkinan masalah dapat diubah, perawat perlu memperhatikan terjangkaunya faktor-faktor sebagai berikut :
§  Pengetahuan yang ada sekarang, teknologi dan tindakan untuk menangani masalah
§  Sumber daya keluarga  dalam bentuk fisik, keuangan dan tenaga
§  Sumber daya perawat dalam bentuk pengetahuan, keterampilan dan waktu.
§  Sumber daya masyarakat dalam bentuk fadsilitas, organisasi dalam masyarakat dan dukungan masyarakat
c.       Kriteria 3
Potensi masalah dapat dicegah, faktor-faktor yang perlu diperhatikan :
§  Kepelikan dari masalah yang berhubungan dengan penyakit atau masalah
§  Lamanya masalah, yang berhubungan dengan jangka waktu masalah itu ada
§  Tindakan yang sedang dijalankan adalah tindakan-tindakan yang tepat  dalam memperbaiki masalah.
§  Adanya kelompok ‘high risk” atau kelompok yang sangat peka menambah potensi untuk mencegah masalah.
d.      Kriteria 4
Menonjolnya masalah, perawat perlu menilai persepsi atau bagaimana keluarga  melihat masalah kesehatan tersebut. Nilai skor tertinggi yang terlebih dahulu dilakukan intervensi keperawatan keluarga .

Menyusun tujuan
Friedman (1998:64) menjelaskan perencanaan meliputi perumusan tujuan yang berorientasi kepada klien kemungkinan sumber-sumber penggambaran pendekatan alternatif untuk memenuhi tujuan dan operasional perencanaan.
Ada 3 kegiatan menurut Friedman (1998:64) yaitu:
a.       Tujuan jangka pendek yang sifatnya dapat diukur langsung dan spesifik
b.      Tujuan jangka menengah
c.       Tujuan akhir atau jangka panjang yang sifatnya umum dan mempunyai tujuan

3.      PERENCANAAN KEPERAWATAN KELUARGA
Perencanaan keperawatan keluarga  terdiri dari penetapan tujuan, yang mencakup tujuan umum dan tujuan khusus serta dilengkapi dengan kriteria dan standar. Kriteria dan standar merupakan pernyataan spesifik tentang hasil yang diharapkan dari setiap tindakan keperawatan berdasarkan tujuan khusus yang ditetapkan.

4.      IMPLEMENTASI
Tindakan yang dilakukan oleh perawat kepada keluarga  berdasarkan perencanaan mengenai diagnosa yang telah dibuat sebelumnya. Tindakan keperawatan terhadap keluarga  mencakup hal-hal dibawah ini ;
a.       Menstimulasi kesadaran atau penerimaan keluarga  mengenai masalah dan kebutuhan kesehatan dengan cara :
§  Memberikan informasi
§  Mengidentifikasi kebutuhan dan harapan tentang kesehatan
§  Mendorong sikap emosi yang sehat terhadap masalah
b.      Menstimulasi keluarga  untuk memutuskan cara perawatan yang tepat dengan cara :
§  Mengidentifikasi konsekwensi tidak melakukan tindakan
§  Mengidentifikasi sumber-sumber yang dimiliki keluarga
§  Mendiskusikan tentang konsekwensi tiap tindakan
c.       Memberikan kepercayaan diri dalam merawat anggota keluarga  yang sakit dengan cara :
§  Mendemonstrasikan cara perawatan
§  Menggunakan alat dan fasilitas yang ada di rumah
§  Mengawasi keluarga  melakukan perawatan
d.      Membantu keluarga  untuk menemukan cara bagaimana membuat lingkungan menjadi sehat, dengan cara ;
§  Menemukan sumber-sumber yang dapat digunakan keluarga
§  Melakukan perubahan lingkungan dengan seoptimal mungkin
e.       Memotivasi keluarga  untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada dengan cara :
§  Memperkenalkan fasilitas kesehatan yang ada di lingkungan keluarga
§  Membantu keluarga  menggunakan fasilitas kesehatan yang ada

5.      EVALUASI
Sesuai rencana tindakan yang telah diberikan, dilakukan penilaian untuk menilai keberhasilannya. Bila tidak / belum berhasil perlu disusun rencana baru yang sesuai. Semua tindakan keperawatan mungkin tidak dapat dilakukan dalam satu kali kunjungan ke keluarga . Unyuk itu dapat dilakukan secara bertahap sesuai dengan waktu dan kesediaan keluarga . Evaluasi disusun dengan menggunakan SOAP secara operasional.
S      : Hal-hal yang dikemukakan oleh keluarga  secara subjektif setelah dilakukan intervensi keperawatan.  Misal : keluarga  mengatakan nyerinya berkurang.
O        : Hal-hal yang ditemui oleh perawat secara objektif setelah dilakukan intervensi keperawatan. Misal : BB naik 1 kg dalam 1 bulan.
A         : Analisa dari hasil yang telah dicapai dengan mengacu kepada tujuan terkait dengan diagnosa keperawatan.
P          : Perencanaan yang akan datang setelah melihat respon dari keluarga  pada tahap evaluasi.
Tahapan evaluasi dapat dilakukan secara formatif dan sumatif. Evaluasi formatif dilakukan selama proses asuhan keperawatan, sedangkan evaluasi sumatif adalah evaluasi akhir.


DAFTAR PUSTAKA

Arlina. 2012. Keluarga Anak Usia Sekolah. Diakses pada tanggal 12 September 2012 di http:/www.scribd
Agustiansyah, Tri A. 2009. Asuhan Keperawatan keluarga  Pasangan Baru Menikah dengan Masalah KB. Dimuat dalam http://ners86.wordpress.com/2009/03/30/asuhan-keperawatan- keluarga/
Friedman, M., Marilyn. 1998. Family Nursing : Research, Theory & Practice. USE : Appleton And Lange.
­­­­____­­___.com/tika_arlina/d/50136705-Keluarga-Anak-Usia-Sekolah
_______. 2009. Konsep Keluarga. Diakses pada tanggal 12 September 2012 di http://lensaprofesi.blogspot.com/2009/01/konsep-keluarga.html
_______. 2012. Asuhan Keperawatan Keluarga dengan Stroke. Diakses pada tanggal 12 September 2012 di http://blog.ilmukeperawatan.com/asuhan-keperawatan- keluarga -dengan-stroke.html




Share this article :
Title: LAPORAN PENDAHULUAN KELUARGA DENGAN ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN); Written by Wiwing setiono; Rating: 5 dari 5
Comments
0 Comments
nt.fb admin wiwing setiono

No comments:

Post a Comment

Komentar, Kritik dan sarannya ya !!!!!!!!!!!!!