Tuesday, December 10, 2013

TERAPI BERMAIN

Terapi Bermain

TERAPI BERMAIN

A.   KONSEP DASAR BERMAIN
  1. Pengertian
  • Bermain adalah unsur yang paling penting untuk perkembangan anak baik fisik, emosi, mental, intelektual, kreativitas dan sosial. Dimana anak mendapat kesempatan cukup untuk bermain akan menjadi orang dewasa yang mudah berteman, kreatif dan cerdas bila dibandingkan dengan mereka yang masa kecilnya kurang mendapat kesempatan bermain( Soetjiningsih, 2004).
  • Bermain juga merupakan setiap kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan yang ditimbulkannya dan dilakukan secara suka rela dan tidak ada paksaan atau tekanan dari luar atau kewajiban serta tidak tergantung kepada usia tetapi tergantung kepada kesehatan dan kesenangan yang diperoleh.
  • Terapi bermain adalah bagian perawatan pada anak yang merupakan salah satu intervensi yang efektif bagi anak untuk menurunkan atau mencegah kecemasan sebelum dan sesudah tindakan operatif . Dengan demikian dapat dipahami bahwa didalam perawatan pasien anak, terapi bermain merupakan suatu kegiatan didalam melakukan asuhan keperawatan yang sangat penting untuk mengurangi efek hospitalisasi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya ( Nursalam, 2005).


  1. Keuntungan terapi bermain
Keuntungan-keuntungan yang didapat dari bermain, antara lain:
a.    Membuang ekstra energi.
b.    Mengoptimalkan pertumbuhan seluruh bagian tubuh, seperti tulang, otot dan organ-organ.
c.    Aktivitas yang dilakukan dapat merangsang nafsu makan anak.
d.   Anak belajar mengontrol diri.
e.    Berkembanghnya berbagai ketrampilan yang akan berguna sepanjang hidupnya.
f.     Meningkatnya daya kreativitas.
g.    Mendapat kesempatan menemukan arti dari benda-benda yang ada disekitar anak.
h.    Merupakan cara untuk mengatasi kemarahan, kekuatiran, iri hati dan kedukaan.
i.      Kesempatan untuk bergaul dengan anak lainnya.
j.      Kesempatan untuk mengikuti aturan-aturan.
k.    Dapat mengembangkan kemampuan intelektualnya.

  1. Fungsi bermain
Menurut Suherman (2000), fungsi bermain diantaranya yaitu:
a.         Perkembangan sensoris-motorik
Pada saat melakukan permainan, aktivitas sensoris-motorik merupakan komponen terbesar yang digunakan anak dan bermain aktif sangat penting untuk perkembangan fungsi otot.
b.         Perkembangan intelektual
Pada saat bermain, anak melakukan eksplorasi dan manipulasi terhadap segala sesuatu yang ada di lingkungan sekitarnya, terutama mengenai warna, bentuk, ukuran, tekstur, dan membedakan objek. Pada saat bermain pula anak akan melatih diri untuk memecahkan masalah.
c.         Perkembangan sosial
Perkembangan sosial ditandai dengan kemampuan berinteraksi dengan lingkungannya. Melalui kegiatan bermain, anak akan belajar memberi dan menerima. Bermain dengan orang lain akan membantu anak untuk mengembangkan hubungan social damn belajar memecahkan masalah dari hubunga tersebut.
d.        Perkembangan kreativitas
Berkreasi adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu dan mewujudkannya ke dalam bentuk objek dan atau kegiatan yang dilakukannya. Melalui kegiatan bermain, anak akan belajar dan mencoba untuk merealisasikan ide-idenya. Misalnya, dengan membongkar dan memasang satu alat permainan akan merangsang kreativitasnya untuk semakin berkembang.
e.         Perkembangan kesadaran diri
Melalui bermain, anak akan mengembangkan kemampuannya dalam mengatur tingkah laku.
f.          Perkembangan moral
Anak mempelajari nilai benar dan salah dari lingkungannya, terutama dari orang tua dan guru. Dengan melakukan aktivitas bermain, anak akan mendapat kesempatan untuk menerapkan nilai-nilai tersebut sehingga dapat diterima di lingkungannya dan dapat menyesuaikan diri dengan aturan-aturan kelompok yang ada dalam lingkungannya.
g.         Bermain sebagai terapi
Pada saat dirawat di rumah sakit, anak akan mengalami berbagai perasaan yang sangat tidak menyenangkan, seperti marah, takut, cemas, sedih, dan nyeri. Perasaan tersebut merupakan dampak dari hospitalisasi yang dialami anak karena menghadapi beberapa stressor yang ada di lingkungan rumah sakit. Untuk itu, dengan melakukan permainan anak akan terlepas dari ketegangan dan stress yang dialaminya karena dengan melakukan permainan, anak akan dapat mengalihkan rasa sakitnya pada permainannya (distraksi) dan relaksasi melalui kesenangannya melakukan permainan.

4.      Katagori bermain
a.       Bermain aktif
Pada permainan ini anak berperan secara aktif, kesenangan diperoleh dari apa yang diperbuat oleh mereka sendiri. Bermain aktif meliputi :
1)      Bermain mengamati/menyelidiki (Exploratory Play)
Perhatian pertama anak pada alat bermain adalah memeriksa alat permainan tersebut, memperhatikan, mengocok-ocok apakah ada bunyi, mencium, meraba, menekan dan kadang-kadang berusaha membongkar.
2)      Bermain konstruksi (Construction Play)
Pada anak umur 3 tahun dapat menyusun balok-balok menjadi rumah-rumahan.
3)      Bermain drama (Dramatic Play)
Misal bermain sandiwara boneka, main rumah-rumahan dengan teman-temannya.
4)      Bermain fisik
Misalnya bermain bola, bermain tali dan lain-lain.
b.      Bermain pasif
Pada permainan ini anak bermain pasif antara lain dengan melihat dan  mendengar. Permainan ini cocok apabila anak sudah lelah bernmain aktif dan membutuhkan sesuatu untuk mengatasi kebosanan dan keletihannya.
Contoh ; Melihat gambar di buku/majalah.,mendengar cerita atau musik,menonton televisi dsb.

5.      Hal-hal yang harus diperhatikan dalam aktivits bermain
a.       Bermain/alat bermain harus sesuai dengan taraf perkembangan anak.
b.      Permainan disesuaikan dengan kemampuan dan minat anak.
c.       Ulangi suatu cara bermain sehingga anak terampil, sebelum meningkat pada keterampilan yang lebih majemuk.
d.      Jangan memaksa anak bermain, bila anak sedang tidak ingin  bermain.
e.       Jangan memberikan alat permainan terlalu banyak atau sedikit.

B.  KONSEP DASAR ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE)
      Alat Permainan Edukatif (APE) adalah alat permainan yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak, disesuaikan dengan usianya dan tingkat perkembangannya, serta berguna untuk :
1.      Pengembangan aspek fisik, yaitu kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang atau merangsang pertumbuhan fisik anak, trediri dari motorik kasar dan halus.
      Contoh alat bermain motorik kasar : sepeda, bola, mainan yang ditarik dan didorong, tali, dll. Motorik halus : gunting, pensil, bola, balok, lilin, dll.
2.      Pengembangan bahasa, dengan melatih berbicara, menggunakan kalimat yang benar.Contoh alat permainan : buku bergambar, buku cerita, majalah, radio, tape, TV, dll.
3.       Pengembangan aspek kognitif, yaitu dengan pengenalan suara, ukuran, bentuk. Warna, dll. Contoh alat permainan : buku bergambar, buku cerita, puzzle, boneka, pensil warna, radio, dll.
4.      Pengembangan aspek sosial, khususnya dalam hubungannya dengan interaksi ibu dan anak, keluarga dan masyarakat
      Contoh alat permainan : alat permainan yang dapat dipakai bersama, misal kotak pasir, bola, tali, dll.
TERAPI BERMAIN


C.  KARAKTERISTIK PERMAINAN SESUAI DENGAN TUMBUH KEMBANGNYA
1.      Usia 0 – 12 bulan
Tujuannya adalah :
1)      Melatih reflek-reflek (untuk anak bermur 1 bulan), misalnya mengisap, menggenggam.
2)      Melatih kerjasama mata dan tangan.
3)      Melatih kerjasama mata dan telinga.
4)      Melatih mencari obyek yang ada tetapi tidak kelihatan.
5)      Melatih mengenal sumber asal suara.
6)      Melatih kepekaan perabaan.
7)      Melatih keterampilan dengan gerakan yang berulang-ulang.
Alat permainan yang dianjurkan :
1)      Benda-benda yang aman untuk dimasukkan mulut atau dipegang.
2)      Alat permainan yang berupa gambar atau bentuk muka.
3)      Alat permainan lunak berupa boneka orang atau binatang.
4)      Alat permainan yang dapat digoyangkan dan keluar suara.
5)      Alat permainan berupa selimut dan boneka.
2.      Usia 13 – 24 bulan
Tujuannya adalah :
1)      Mencari sumber suara/mengikuti sumber suara.
2)      Memperkenalkan sumber suara.
3)      Melatih anak melakukan gerakan mendorong dan menarik.
4)      Melatih imajinasinya.
5)      Melatih anak melakukan kegiatan sehari-hari semuanya dalam bentuk kegiatan yang menarik
Alat permainan yang dianjurkan:
1)      Genderang, bola dengan giring-giring didalamnya.
2)      Alat permainan yang dapat didorong dan ditarik.
3)      Alat permainan yang terdiri dari: alat rumah tangga(misal: cangkir yang tidak mudah pecah, sendok botol plastik, ember, waskom, air), balok-balok besar, kardus-kardus besar, buku bergambar, kertas untuk dicoret-coret, krayon/pensil berwarna.
3.      Usia 25 – 36  bulan
Tujuannya adalah ;
1)      Menyalurkan emosi atau perasaan anak.
2)      Mengembangkan keterampilan berbahasa.
3)      Melatih motorik halus dan kasar.
4)      Mengembangkan kecerdasan (memasangkan, menghitung, mengenal dan membedakan warna).
5)      Melatih kerjasama mata dan tangan.
6)      Melatih daya imajinansi.
7)      Kemampuan membedakan permukaan dan warna benda.
Alat permainan yang dianjurkan :
1)      Alat-alat untuk menggambar.
2)      Lilin yang dapat dibentuk
3)      Pasel (puzzel) sederhana.
4)      Manik-manik ukuran besar.
5)      Berbagai benda yang mempunyai permukaan dan warna yang berbeda.
6)      Bola.
4.      Usia 32 – 72 bulan
Tujuannya adalah  :
1)      Mengembangkan kemampuan menyamakan dan membedakan.
2)      Mengembangkan kemampuan berbahasa.
3)      Mengembangkan pengertian tentang berhitung, menambah, mengurangi.
4)      Merangsang daya imajinansi dsengan berbagai cara bermain pura-pura (sandiwara).
5)      Membedakan benda dengan permukaan.
6)      Menumbuhkan sportivitas.
7)      Mengembangkan kepercayaan diri.
8)      Mengembangkan kreativitas.
9)      Mengembangkan koordinasi motorik (melompat, memanjat, lari, dll).
10)  Mengembangkan kemampuan mengontrol emosi, motorik halus dan kasar.
11)  Mengembangkan sosialisasi atau bergaul dengan anak dan orang diluar rumahnya.
12)  Memperkenalkan pengertian yang bersifat ilmu pengetahuan, misal : pengertian mengenai terapung dan tenggelam.
13)  Memperkenalkan suasana kompetisi dan gotong royong.
Alat permainan yang dianjurkan :
1)      Berbagai benda dari sekitar rumah, buku bergambar, majalah anak-anak, alat gambar & tulis, kertas untuk belajar melipat, gunting, air, dll.
2)      Teman-teman bermain : anak sebaya, orang tua, orang lain diluar rumah.
5.      Usia Prasekolah
Alat permainan yang dianjurkan :
1.      Alat olah raga.
2.      Alat masak
3.      Alat menghitung
4.      Sepeda roda tiga
5.      Benda berbagai macam ukuran.
6.      Boneka tangan.
7.      Mobil.
8.      Kapal terbang.
9.      Kapal laut dsb
6.      Usia sekolah
Jenis permainan yang dianjurkan :
1)      Pada anak laki-laki : mekanik.
2)      Pada anak perempuan : dengan peran ibu.
7.      Usia Praremaja (yang akan dilakukan oleh kelompok)
Karakterisrik permainnya adalah permainan intelaktual, membaca, seni, mengarang, hobi, video games, permainan pemecahan masalah.
8.      Usia remaja
                 Jenis permainan : permainan keahlian, video, komputer, dll.
Share this article :
Title: TERAPI BERMAIN; Written by wiwing setiono; Rating: 5 dari 5
Comments
0 Comments
nt.fb admin wiwing setiono

No comments:

Post a Comment

Komentar, Kritik dan sarannya ya !!!!!!!!!!!!!