Saturday, January 25, 2014

LAPORAN PENDAHULUAN MASTEKTOMI

MASTEKTOMI
MASTEKTOMI
LAPORAN PENDAHULUAN MASTEKTOMI



         A.   LANDASAN TEORITIS MASTEKTOMI
            Modified Radical Mastectomy adalah suatu tindakan pembedahan onkologis pada keganasan payudara yaitu dengan mengangkat seluruh jaringan payudara yang terdiri dari seluruh stroma dan parenkhim payudara, areola dan puting susu serta kulit diatas tumornya disertai diseksi kelenjar getah bening aksila ipsilateral level I, II/III secara en bloc TANPA mengangkat m.pektoralis major dan minor.
Tipe mastektomi dan penanganan kanker payudara bergantung pada beberapa factor meliputi :
o   Usia
o   Kesehatan secara menyeluruh
o   Status menopause
o   Dimensi tumor
o   Tahapan tumor dan seberapa luas penyebarannya
o   Stadium tumor dan keganasannya
o   Status reseptor homon tumor
o   Penyebaran tumor telah mencapai simpul limfe atau belum

Tipe pembedahan secara umum dikelompokkan kedalam tiga kategori : mastektomi radikal, mastektomi total dan prosedur yang lebih terbatas ( contoh segmental, lumpektomi ).
1.   Mastektomi preventif ( preventife mastectomy) disebut juga prophylactic mastectomy.operasi ini dapat berupa total mastektomi dengan mengangkat seluruh payudara dan putting atau berupa subcutaneous mastectomy dimana seluruh payudara diangkat namun putting tetap dipertahankan .
2.   Mastektomi total ( sederhana ) mengangkat semua jaringan payudara tetapi semua atau kebanyakan nodus limfe dan otot dada tetap utuh.
3.   Mastektomi radikal modifikasi mengangkat seluruh payudara , beberapa atau semua nodus limfe dan kadang-kadang otot pektoralis minor.otot dada mayor masih utuh.Mastektomi radikal ( halsted ) adalah prosedur yang jarang dilakukan yaitu pengangkatan seluruh payudara, kulit, otot pektoralis mayor dan minor, nodus limfe ketiak dan kadang-kadang nodus limfe mamari internal atau supra klavikular.
4.   Prosedur membatasi ( contoh : lumpektomi ) mungkin dilakukan pada pasien rawat jalan yang hanya berupa tumor dan beberapa jaringan sekitarnya diangkat. Lumpektomi dianggap tumor non-metastatik bila kurang dari 5 cm ukurannya yang tidak melibatkan putting.prosedur meliputi dignostik ( menentukan tipe sel ) dan atau pengobatan bila dikombinasi dengan terapi radiasi.
            Berdasarkan tujuan terapi pembedahan, mastektomi dibedakan menjadi dua macam yaitu tujuan kuratif dan tujuan paliatif. Prinsip terapi bedah kuratif adalah pengangkatan seluruh sel kanker tanpa meninggalkan sel kanker secara mikroskopik. Terapi bedah kuratif ini dilakukan pada kanker payudara stadium dini(stadium 0, I dan II).
            Sedangkan tujuan terapi bedah palliatif adalah untuk mengangat kanker payudara secara makroskopik dan masih meninggalkan sel kanker secara mikroskopik. Pengobatan bedah palliatif ini pada umumnya dilakukan untuk mengurangi keluhan-keluhan penderita seperti perdarahan, patah tulang dan pengobatan ulkus, dilakukan pada kanker payudara stadium lanjut,yaitu stadium III dan IV.
Prosedur pengangkatan sel kanker dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.    Mastektomi radikal, yaitu Mengangkat seluruh payudara, kulit, otot mayor dan minor, nodus limfe aksila dan jaringan lemak disekitarnya.
2.    Mastektomi radikal modifikasi, seperti mastektomi radikal tetapi otot pektoralis mayor dipertahankan.
3.    Mastektomi sederhana, Mengangkat payudara dengan mempertahankan otot-otot yang menyokong.
4.    Mastektomi parsial, Mengangkat lesi dan jaringan disekitarnya termasuk nodus limfe.
5.    Lumpektomi, Mengangkat lesi dan 3 sampai 5 cm jaringan ditepinya, jaringan payudara dan kulitnya dipertahankan.

Beberapa tipe mastektomi yang ada pada saat ini
1. Mastektomi Preventif (Preventive Mastectomy)
        Mastektomi preventif disebut juga prophylactic mastectomy. Operasi ini dapat berupa total mastektomi dengan mengangkat seluruh payudara dan puting. Atau berupa subcutaneous mastectomy, dimana seluruh payudara diangkat namun puting tetap dipertahankan. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat kekambuhan kanker payudara dapat dikurangi hingga 90% atau lebih setelah mastektomi preventif pada wanita dengan risiko tinggi.           
MASTEKTOMI
MASTEKTOMI
Gambar payudara seorang wanita 25 tahun. menjalani prophylacyic mastectomy dan telah mengalami rekonstruksi dengan menutup lubang bekas operasi dengan dengan jaringan yang diambil dari perutnya.
           
2.  Mastektomi Sederhana atau Total (Simple or Total Mastectomy)
        Mastektomi dengan mengangkat payudara berikut kulit dan putingnya, namun simpul limfe masih dipertahankan. Pada beberapa kasus, sentinel node biopsy terpisah dilakukan untuk membuang satu sampai tiga simpul limfe pertama.
MASTEKTOMI
MASTEKTOMI
Total mastectomy

3. Mastektomi Radikal Termodifikasi (Modified Radical Mastectomy)
        Terdapat prosedur yang disebut modified radical mastectomy (MRM)-mastektomi radikal termodifikasi. MRM memberikan trauma yang lebih ringan daripada mastektomi radikal, dan ssat ini banyak dilakukan di Amerika. Dengan MRM, seluruh payudara akan diangkat beserta simpul limfe di bawah ketiak, tetapi otot pectoral (mayor dan minor) – otot penggantung payudara – masih tetap dipertahankan. Kulit dada dapat diangkat dapat pula dipertahankan, Prosedur ini akan diikuti dengan rekonstruksi payudara yang akan dilakukan oleh dokter bedah plastik.
MASTEKTOMI
MASTEKTOMI
Modified Radical Mastectomy

4.  Mastektomi Radikal (Radical Mastectomy)
        Mastektomi radikal merupakan pengangkatan payudara ‘komplit’, termasuk puting. Dokter juga akan mengangkat seluruh kulit payudara, otot dibawah payudara, serta simpul limfe (getah bening). Karena mastektomi radikal ini tidak lebih efektif namun merupakan bentuk mastektomi yang lebih ‘ekstrim’ , saat ini jarang dilakukan.
MASTEKTOMI
MASTEKTOMI

4. Mastektomi Parsial atau Segmental (Partial or Segmental Mastectomy)
        Dokter dapat melakukan mastektomi parsial kepada wanita dengan kanker payudara stadium I dan II. Mastektomi parsial merupakan breast-conserving therapy- terapi penyelamatan payudara yang akan mengangkat bagian payudara dimana tumor bersarang. Prosedur ini biasanya akan diikuti dengan terapi radiasi untuk mematikan sel kanker pada jaringan payudara yang tersisa. Sinar X berkekuatan penuh akan ditembakkan pada beberapa bagian jaringan payudara. Radiasi akan membunuh kanker dan mencegahnya menyebar ke bagian tubuh yang lain.
MASTEKTOMI
MASTEKTOMI
Partial Mastectomy

5. Quandrantectomy
        Tipe lain dari mastektomi parsial disebut quadrantectomy. Pada prosedur ini, dokter akan mengangkat tumor dan lebih banyak jaringan payudara dibandingkan dengan lumpektomi.
MASTEKTOMI
MASTEKTOMI
Quandrantectomy
Mastektomi tipe ini akan mengangkat seperempat bagian payudara, termasuk kulit dan jaringan konektif (breast fascia).  Cairan berwarna biru disuntikkan untuk mengidentifikasi simpul limfe yang mengandung sel kanker.

6. Lumpectomy atau sayatan lebar,
        Merupakan pembedahan untuk mengangkat tumor payudara dan sedikit jaringan normal di sekitarnya.  Lumpektomi (lumpectomy) hanya mengangkat tumor dan sedikit area bebas kanker di jaringan payudara di sekitar tumor. Jika sel kanker ditemukan di kemudian hari, dokter akan mengangkat lebih banyak jaringan. Prosedur ini disebuat re-excision (terjemahan : pengirisan/penyayatan kembali).

MASTEKTOMI
MASTEKTOMI
Lumpectomy

7. Excisional Biopsy
        Biopsi dengan sayatan juga mengangkat tumor payudara dan sedikit jaringan normal di sekitarnya. Kadang, pembedahan lanjutan tidak diperlukan jika biopsy dengan sayatan ini berhasil mengangkat seluruh tumor.
MASTEKTOMI
MASTEKTOMI
Excisional Biopsy

          B.   INDIKASI OPERASI MASTEKTOMI
·           Kanker payudara stadium dini (I,II)
·           Kanker payudara stadium lanjut lokal dengan persyaratan tertentu
·           Keganasan jaringan lunak pada payudara.

          C.   KONTRA INDIKASI OPERASI MASTEKTOMI
·           Tumor melekat dinding dada
·           Edema lengan
·           Nodul satelit yang luas
·           Mastitis inflamatoar

          D.   PERSIAPAN PERIOPERATIF MASTEKTOMI
1.      Fase Preoperatif Mastektomi
Fase preoperatif dimulai ketika ada keputusan untuk dilakukan intervensi dan diakhiri ketika pasien dikirim ke kamar operasi. Lingkup aktivitas keperawatan selama waktu tersebut dapat mencakup penetapan pengkajian dasar pasien. Wawancara praoperatif dan menyiapkan pasien untuk anestesi yang diberikan dalam pembedahan
a.   Pengkajian :
·      Identitas pasien
·      Tanda-tanad vital
·      Riwayat penyakit : alergi, penyakit paru (asma, PPOM, TB paru), penggunaan narkoba, alkoholisme, menggunakan obat seperti kortikosteroid dan obat jantung
·      Riwayat kesehatan keluarga : DM. Hipertensi
·      Status nutrisi : BB, puasa, tinggi badan
·      Keseimbangan cairan dan elektrolit
·      Ada tidaknya gigi palsu, pemakaian lensa kontak, atau cat kuku dan implan prosthesis lainnya
·      Pencukuran daerha operasi
·      Kolaborasi dengan dokter anestesi tentang pemberian jenis anestesi dan pemakaian obat anestesi yang akan dilakukan
·      Pemeriksaan penunjung : rontgen, EKG, pemeriksaan laboratorium (darah lengkap, faal hepar, faa ginjal, masa pembekuan darah), biopsi, pemeriksaan gula darah
·      Informed consent
·      Penentuan status ASA
                   Diagnosa keperawatan pre operasi Mastektomi
·           Cemas berhubungan dengan krisis situasional
·           Kurang pengetahuan berhubungan dengan keterbatasan paparan
·           Nyeri akut berhubungan dengan agen injuri biologi

Rencana Keperawatan pre operatif Mastektomi:
DIAGNOSA KEP.
NOC
NIC
Cemas berhubungan dengan perubahan status kesehatan

Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama..... pasien menunjukan anxiety control dengan kriteria hasil:
·  pasien kooperatif
·  Mampu mengidentifikasikan cemas dengan bahasa tubuh yang tenang
·  Vital sign dbn
Anxiety reduction :
·   Tenangkan pasien
·   Jelaskan seluruh prosedurt tindakan kepada pasien dan perasaan yang mungkin muncul pada saat melakukan tindakan
·   Berusaha memahami keadaan pasien
·   Berikan informasi tentang diagnosa, prognosis dan tindakan
·   Mendampingi pasien untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kenyamanan
·   Dorong pasien untuk menyampaikan tentang isi perasaannya
·   Kaji tingkat kecemasan
·   Dengarkan dengan penuh perhatian
·   Ciptakan hubungan saling percaya
·   Bantu pasien menjelaskan keadaan yang bisa menimbulkan kecemasan
·   Bantu pasien untuk mengungkapkan hal hal yang membuat cemas
·   Ajarkan pasien teknik relaksasi
·   Berikan obat obat yang mengurangi cemas

Kurang pengetahuan tentang penyakit, perawatan,pengobatan
kurang paparan terhadap informasi
Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama......, pengetahuan klien meningkat dengan kriteria hasil
 Klien mampu menjelaskan kembali apa yang dijelaskan
Klien kooperative saat dilakukan tindakan


Teaching : Dissease Process
- Kaji  tingkat pengetahuan klien dan keluarga tentang proses penyakit
-Jelaskan tentang patofisiologi penyakit, tanda dan gejala serta penyebabnya
-Sediakan informasi tentang kondisi klien
-Berikan informasi tentang perkembangan klien
-Diskusikan perubahan gaya hidup yang mungkin diperlukan untuk mencegah komplikasi di masa yang akan datang dan atau kontrol proses penyakit
-Jelaskan alasan dilaksanakannya tindakan atau terapi
-Gambarkan komplikasi yang mungkin terjadi
-Anjurkan klien untuk mencegah efek samping dari penyakit
-Gali sumber-sumber atau dukungan yang ada
-Anjurkan klien untuk melaporkan tanda dan gejala yang muncul pada petugas kesehatan
Nyeri akut b.d agen injuri biologi
Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 1x pertemuan nyeri klien berkurang dengan kriteria hasil:
·     Nyeri terkontrol
·     Klien menggunakan teknik non farmakologi untuk mengurangi nyeri
·     Tanda vital dalam rentang normal
·         Lakukan pengkajian nyeri secara komprehensif termasuk lokasi, karakteristik, durasi, frekuensi
·         Monitor vital sign
·         Gunakan teknik komunikasi terapeutik untuk mengetahui pengalaman nyeri
·         Ajarkan teknik
relaksasi nafas dalam untuk mengurangi nyeri

2.      Fase Intraoperatif Mastektomi
Fase intra operatif dimulai ketika pasien masuk atau dipindah ke instalasi bedah dan berakhir saat pasien dipindahkan ke ruang pemulihan.
Aktivitas keperawatan yang dilakukan selama tahap intra operatif meliputi 4 hal, yaitu :
         a.   Safety Management (Pengaturan posisi pasien)
Faktor penting yang harus diperhatikan ketika mengatur posisi di ruang operasi adalah: daerah operasi, usia, berat badan pasien, tipe anastesidan nyeri. Posisi yang diberikan tidak boleh mengganggu sirkulasi, respirasi, tidak melakukan penekanan yang berlebihan pada kulit dan tidak menutupi daerah atau medan operasi.
-     Kesejajaran fungsional maksudnya adalah memberikan posisi yang tepat selama operasi. Operasi yang berbeda akan membutuhkan posisi yang berbeda pula à supine
-     Pemajanan area pembedahan maksudnya adalah daerah mana yang akan dilakukan tindakan pembedahan. Dengan pengetahuan tentang hal ini perawat dapat mempersiapkan daerah operasi dengan teknik drapping
-     Mempertahankan posisi sepanjang prosedur operasi
dengan tujuan untuk mempermudah proses pembedahan juga sebagai bentuk jaminan keselamatan pasien dengan memberikan posisi fisiologis dan mencegah terjadinya injury.
-     Memasang alat grounding ke pasien
-     Memberikan dukungan fisik dan psikologis pada klien untuk menenagkan pasien selama operasi sehingga pasien kooperatif.
-     Memastikan bahwa semua peralatan yang dibutuhkan telah siap seperti : cairan infus, oksigen, jumlah spongs, jarum dan instrumen tepat.
b.   Monitoring Fisiologis
-     Melakukan balance cairan
-     Memantau kondisi cardiopulmonal meliputi fungsi pernafasan, nadi, tekanan darah, frekuensi denyut jantung, saturasi oksigen, perdarahan dll.
-     Pemantauan terhadap perubahan vital sign
          c.    Monitoring Psikologis
-     Memberikan dukungan emosional pada pasien
-     Berdiri di dekat klien dan memberikan sentuhan selama prosedur induksi
-     Mengkaji status emosional klien
-     Mengkomunikasikan status emosional klien kepada tim kesehatan (jika ada perubahan)
          d.  Pengaturan dan koordinasi Nursing Care
-     Memanage keamanan fisik pasien
-     Mempertahankan prinsip dan teknik asepsis
            Obat-obat anestesi :
1.    Obat-obat premedikasi
SA 0,001-0,002 mg/KgBB
Midazolam 0,1-0,2 mg/KgBB
Fentanyl 1-2 mcg/KgBB
Pethidin 1 mg/KgBB
2.    Obat antiemetik
Ondansetron 4mg/2mL
Sotatic 10mg/2 mL
3.    Obat induksi
Propofol 1,5-2,5 mg/Kg/BB
4.    Obat musculorelaksan
Recorium bromide 0,5-1 mg/Kg/BB
Sucynil Colin 1 mg/KgBB
Roculax 0,5-1 mg/KgBB
5.    Obat emergency
Adrenalin injeksi
Epidrin injeksi
Dexamethason injeksi
Aminophilin injeksi
6.    Obat analgetik
Ketorolac 30 mg/ 1 mL
Torasix 30mg/1 mL
7.    Oat antidotum
Prostigmin dan narkan
8.    Cairan yang diperlukan
Kristaloid seperto ringer laktat, aquadest 25 CC untuk larutan obat, assering
Koloid seperti fimahest atau gelofusion 
 
MASTEKTOMI
MASTEKTOMI
Prosedur Operasi Mastektomi
Secara singkat tekhnik operasi dari mastektomi radikal modifikasi dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.    Penderita dalam general anaesthesia, lengan ipsilateral dengan yang dioperasi diposisikan abduksi 900, pundak ipsilateral dengan yang dioperasi diganjal bantal tipis.
2.    Desinfeksi lapangan operasi, bagian atas sampai dengan pertengahan leher, bagian bawah sampai dengan umbilikus, bagian medial sampai pertengahan mammma kontralateral, bagian lateral sampai dengan tepi lateral skapula. Lengan atas didesinfeksi melingkar sampai dengan siku kemudian dibungkus dengan doek steril dilanjutkan dengan mempersempit lapangan operasi dengan doek steril
3.    Bila didapatkan ulkus pada tumor payudara, maka ulkus harus ditutup dengan kasa steril tebal ( buick gaas) dan dijahit melingkar.
4.    Dilakukan insisi (macam –macam insisi adalah Stewart, Orr, Willy Meyer, Halsted, insisi S) dimana garis insisi paling tidak berjarak 2 cm dari tepi tumor, kemudian dibuat flap.
5.    Flap atas sampai dibawah klavikula, flap medial sampai parasternal ipsilateral, flap bawah sampai inframammary fold, flap lateral sampai tepi anterior m. Latissimus dorsi dan mengidentifikasi vasa dan. N. Thoracalis dorsalis
6.    Mastektomi dimulai dari bagian medial menuju lateral sambil merawat perdarahan, terutama cabang pembuluh darah interkostal di daerah parasternal. Pada saat sampai pada tepi lateral m.pektoralis mayor dengan bantuan haak jaringan maamma dilepaskan dari m. Pektoralis minor dan serratus anterior (mastektomi simpel). Pada mastektomi radikal otot pektoralis sudah mulai
7.    Diseksi aksila dimulai dengan mencari adanya pembesaran KGB aksila Level I (lateral m. pektoralis minor), Level II (di belakang m. Pektoralis minor) dan level III ( medial m. pektoralis minor). Diseksi jangan lebih tinggi pada daerah vasa aksilaris, karena dapat mengakibatkan edema lengan. Vena-vena yang menuju ke jaringan mamma diligasi. Selanjutnya mengidentifikasi vasa dan n. Thoracalis longus, dan thoracalis dorsalis, interkostobrachialis. KGB internerural selanjutnya didiseksi dan akhirnya jaringan mamma dan KGB aksila terlepas sebagai satu kesatuan (en bloc)
8.    Lapangan operasi dicuci dengan larutan sublimat dan Nacl 0,9%.
9.    Semua alat-alat yang dipakai saat operasi diganti dengan set baru, begitu juga dengan handschoen operator, asisten dan instrumen serta doek sterilnya.
10. Evaluasi ulang sumber perdarahan
11. Dipasang 2 buah drain, drain yang besar ( redon no. 14) diletakkan dibawah vasa aksilaris, sedang drain yang lebih kecil ( no.12) diarahkan ke medial.
12. Luka operasi ditutup lapais demi lapis

Komplikasi operasi Mastektomi
Dini :
-        pendarahan,
-        lesi n. Thoracalis longus  wing scapula
-        Lesi n. Thoracalis dorsalis.
Lambat : - infeksi
-        nekrosis flap
-        wound dehiscence
-        seroma
-        edema lengan
-        kekakuan sendi bahu  kontraktur
Mortalitas
hampir tidak ada

Diagnosa Keperawatan intra operatis yang sering muncul Mastektomi :
-   Pola nafas tidak efektif berhubungan dengan penurunan tekanan inspirasi dan ekspirasi karena pemberian agent anastesi.
-   Resiko infeksi berhubungan dengan pembedahan, prosedur invasif dan truma jaringan.
-   Resiko cidera berhubungan dengan anastesi dan pembedahan.



Rencana Keperawatan intra operatif Mastektomi:
DIAGNOSA KEP.
NOC
NIC
Pola nafas tidak efektif berhubungan dengan penurunan tekanan inspirasi dan ekspirasi karena pemberian agent anastesi.

Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama..... pasien menunjukan respiration control dengan kriteria hasil:
·   Jalan nafas adequat
·   Suara nafas vesikuler
·   Saturasi O2 dbn
Airway and breathing management :
·   Monitor ventilasi (jalan dan suara nafas)
·   Lakukan management ventilasi dengan head tilt chin leaf / jaw trust positioning
·   Pasang alat bantu nafas : mouth airway/orofaringeal tube, ET, LMA
·   Monitor keakuratan fungsi ET, LMA
·   Lakukan assisted respiration
·   Monitor vital sign dan saturasi O2 secara periodik
Resiko infeksi berhubungan dengan pembedahan, prosedur invasif dan truma jaringan.

Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama......, menunjukkan infection protection, enviroment, host and agent control  dengan kriteria hasil
·   Terkendalinya nfection control
·   Luka dan keadaan sekitar bersih

Infection control management
·      Kendalikan prosedur masuk kamar operasi untuk pasien maupun petugas
·      Batasi jumlah personil di kamar operasi
·      Kendalikan sterilitas ruangan dan peralatan yang dipakai
·      Lakukan cuci tangan bedah, pemakaian jas operasi, pemakaian sarung tangan dan duk operasi sesuai prosedur.
·      Terapkan prosedur septik aseptik.
·      Lakukan penutupan luka sesuai prosedur
·      Kolaborasi pemberian antibiotik
·      Environment kontrol
Resiko cidera berhubungan dengan anastesi dan pembedahan.

Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama...... menunjukkan injury neuromuscular protection dengan kriteria hasil :
·   Tidak terjadi luka baru diluar organ target
·   Instrument terhitung lengkap sebelum dan sesudah operasi.
Injury control management
·    Anatomis dan imobil position
·    Pasang groundit kouter dengan benar
·    Melakukan tindakan anastesi sesuai dengan prosedur
·    Memasang alat bantu pernafasan sesuai dengan prosedur
·    Hindari manipulasi jaringan berlebihan
·    Penggunaan instrument yang tepat dan benar
·    Perhitungan jumlah instrument sebelum dan sesudah operasi yang

 
MASTEKTOMI
MASTEKTOMI
3.    Fase Post operastif Mastektomi
a.     Fase pasca anesthesia.
Setelah dilakukan mastektomi, penderita dipindah ke ruang pemulihan disertai dengan oleh ahli anesthesia dan staf profesional lainnya.
1)    Mempertahankan ventilasi pulmoner.
Menghindari terjadiya obstruksi pada periode anestesi pada saluran pernafasan, diakibatkan penyumbatan oleh lidah yang jatuh, kebelakang dan tumpukan sekret, lendir yang terkumpul dalam faring trakea atau bronkhial ini dapat dicegah dengan posisi yang tepat dengan posisi miring/setengah telungkup dengan kepala ditengadahkan bila klien tidak bisa batuk dan mengeluarkan dahak atau lendir, harus dilakukan penghisapan dengan suction.
2)    Mempertahankan sirkulasi
Pada saat klien sadar, baik dan stabil, maka posisi tidur diatur ”semi fowler” untuk mengurangi oozing venous (keluarnya darah dari pembuluh-pembuluh darah halus) lengan diangkat untuk meningkatkan sirkulasi dan mencegah terjadinya udema, semua masalah ini gangguan rasa nyaman (nyeri) akibat dari sayatan luka operasi merupakan hal yang pailing sering terjadi
3)    Masalah psikologis.
Payudara merupakan alat vital seseorang ibu dan wanita, kelainan atau kehilangan akibat operasi payudara sangat terasa oleh pasien,haknya seperti dirampas sebagai wanita normal, ada rasa kehilangan tentang hubungannya dengan ssuami, dan hilangnya daya tarik serta serta pengaruh terhadap anak dari segi menyusui.
4)    Mobilisasi fisik.
Pada pasien pasca mastektomi perlu adanya latihan-latihan untuk mencegah atropi otot-otot kekakuan dan kontraktur sendi bahu, untuk mencegah kelainan bentuk (diformity) lainnya, maka latihan harus seimbang dengan menggunakan secara bersamaan.
b.     Perawatan post mastektomi
1)    Pemasangan plester /hipafik
Dalam hal ini pemasangan plester pada operasi mastektomi hendaknya diperhatikan arah tarikan-tarikan kulit (langer line) agar tidak melawan gerakkan-gerakkan alamiah, sehingga pasien dengan rileks menggerakkan sendi bahu tanpa hambatan dan tidak nyeri untuk itu perlu diperhatikan cara meletakkan kasa pada luka operasi dan cara melakukan fiksasi plester pada dinding dada.
Plester medial melewati garis midsternal
Plester posterior melewati garis axillaris line/garis ketiak
Plester posterior(belakang) melewati garis axillaris posterior.
Plester superior tidak melewati clavicula
Plester inferior harus melewati lubang drain
Untuk dibawah klavicula ujug hifavik dipotong miring seperti memotong baju dan dipasang miring dibawah ketiak sehingga tidak mengangu grakkan tangan.
2)    Perawatan pada luka eksisi tumor.
Bila dikerjakan tumorektomi,pakai hipafik ukuran 10 cm yang dibuat seperti BH sehingga menyangga payudara .
3)    Klien yang dikerjakan transplantasi kulit kalau kasa penutup luka basah dengan darah atau serum harus segera diganti, tetapi bola penutup (thiersch) tidak boleh dibuka.
4)    Pemberian injeksi dan pengambilan darah.
5)    Pengukuran tensi

Diagnosa keperawatan post operasi yang sering muncul Mastektomi::
-        Resiko aspirasi berhubungan dengan status kesadaran, reflek menelan belum optimal karena pemakaian obat anastesi
-        Resiko cidera berhubungan dengan tingkat kesadaran pasien


Rencana intervensi keperawatan post operasi Mastektomi:
DIAGNOSA KEP.
NOC
NIC
Resiko aspirasi berhubungan dengan status kesadaran, reflek menelan belum optimal karena pemakaian obat anastesi
Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama......, menunjukkan control  dengan kriteria hasil
·   Airway terkontrol dan adequat
·   Reflek menelan efektif

Aspiration Precaution :
·   Monitor tingkat kesadaran dan reflek menelan
·   Monitor status airway dan bebaskan airway
·   Lakukan suctioning jika perlu
·   Posisikan supinasi atau posisi SIM pada operasi jalan nafas

Resiko cidera berhubungan dengan tingkat kesadaran pasien
Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama......, menunjukkan risk control  dengan kriteria hasil
·   Pasien terbebas dari cidera
·   Pasien komunikatif dan kooperatif
Environment Management :
·  Sediakan lingkungan yang aman dan nyaman
·  Posisikan tidur sesuai instruksi medis / anastesi
·  Memasang side trail tempat tidur
·  Hindari dari perabot yang berbahaya
·  Kaji tingkat kesadaran
·  Dampingi selama pasien belum sadar penuh
·  Lindungi arah gerakan dan jangan lawan gerakan pasien
·   Rangsang kesadaran pasien ke Compos Mentis
·   Alat invasif terkontrol



DAFTAR PUSTAKA

Closkey ,Joane C. Mc, Gloria M. Bulechek.(1996). Nursing Interventions Classification (NIC). St. Louis :Mosby Year-Book.
Johnson,Marion, dkk. (2000). Nursing Outcome Classifications (NOC). St. Louis :Mosby Year-Book
Juall,Lynda,Carpenito Moyet. (2003).Buku Saku Diagnosis Keperawatan edisi 10.Jakarta:EGC
Price Sylvia, A (1994), Patofisiologi: Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit. Jilid 2 . Edisi 4. Jakarta. EGC
Sjamsulhidayat, R. dan Wim de Jong. 1998. Buku Ajar Imu Bedah, Edisi revisi. EGC : Jakarta.
Smeltzer, Suzanne C. and Brenda G. Bare. 2002. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah : Brunner Suddarth, Vol. 2. EGC : Jakarta.
Sjamsuhidajat. R (1997), Buku ajar Ilmu Bedah, EGC, Jakarta
Wiley dan Blacwell. (2009). Nursing Diagnoses: Definition & Classification 2009-2011, NANDA.Singapura:Markono print Media Pte Ltd




Share this article :
Title: LAPORAN PENDAHULUAN MASTEKTOMI; Written by Wiwing setiono; Rating: 5 dari 5
Comments
0 Comments
nt.fb admin wiwing setiono

No comments:

Post a Comment

Komentar, Kritik dan sarannya ya !!!!!!!!!!!!!